Langsung ke konten utama

[Review] ALL YOU NEED IS LOVE by Pongki Pamungkas


Judul: ALL YOU NEED IS LOVE
Penulis: Pongki Pamungkas
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Tebal: 248 Halaman
Terbit: Oktober, 2015
ISBN: 978-979-91-0958-3
Buku managemen pertama yang aku baca. Itulah All You Need Is Love. Buku ini ditulis oleh Pongki Pamungkas, dia adalah profesional yang telah mengabdi 30 tahun di Astra. Hemm .. rasanya buku ini adalah buku menggugah pertama yang aku baca.
Buku yang Pak Pongki tulis ini adalah buku kumpulan esai. Sebagian besar, bahkan seluruh esainya merupakan tulisan-tulisan yang telah hadir di beberapa media cetak nasional. Tak diragukan, tulisan-tulisannya sangat ajaib, bergizi, namun tidak menggurui. Beragam macam topik ia bahas di buku ini, dengan tone menenangkan.
Setidaknya, bukunya ini dibagi menjadi empat bagian besar yang terdiri dari Love, Life, Management, dan Wisdom. Setiap bagian terdiri dari 11-15 esai yang apik. Menurutku setiap tulisan Pak Pongki terasa sekali bukan tulisan yang dangkal, selain menuturkan suatu hal dari sudut pandangnya, ia pun menyelipkan berbagai kutipan dari orang-orang terkenal yang arif, tentu yang ada kaitannya dengan tema esai Pak Pongki.
Sebut saja di bagian bab enam pada unit Management, Pak Pongki membahas mengenai birokrasi. Dibuka dengan pernyataan Jokowi yang mengeluh seputar PPD di Jakarta, saat ia tengah menjabat sebagai gubernur. Jokowi mengeluh soal birokrasi di Jakarta yang bertele-tele. Lalu Pak Pongki menanggapinya dengan arif, bahwa birokrasi layaknya ‘unggas yang bisa terbang’, jika ditekan akan membuatnya sesak, tapi jika dilonggarkan akan membuat segalanya jadi semrawut. Namun, ia pun memberikan perspektif bahwa memang birokrasi begitu adanya, khususnya di Indonesia yang kadang ‘dicurangi’ dengan duit. Ia memberikan istilah bahwa kadang meminta maaf lebih mudah daripada minta izin, jadilah banyaknya prosedur alias birokrasi sering dilanggar.

            Selain itu banyak hal-hal yang dekat dengan kita coba dibahas oleh Pak Pongki. Ia benar-benar bisa membawa tulisan-tulisannya di buku ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca, khususnya pembaca-pembaca yang selama ini polos, artinya jarang membaca buku-buku semacam ini, contohnya aku ini, hehe. Pokoknya buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca, karena pemikiran-pemikiran Pak Pongki ajib![] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…