Langsung ke konten utama

[Review] Dru dan Kisah Lima Kerajaan by Clara Ng & Renata Owen


Judul: Dru dan Kisah Lima Kerajaan           
Penulis: Clara Ng
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama               
Ilustrator: Renata Owen
Terbit: Cetakan Pertama, April 2016            
Tebal: 208 Halaman

Buku anak selalu dinanti-nanti kehadirannya. Apalagi jika ditulis seorang penulis kenamaan. Bulan April lalu, terbit sebuah buku anak dari penulis buku anak populer Indonesia. Clara Ng baru saja merilis buku anak dengan genre novel fantasi, novel tersebut berjudul Dru dan Kisah Lima Kerajaan. Novel ini adalah karya kesekian Clara Ng, penulis satu ini pernah menyabet penghargaan Adikarya IKAPI di tahun 2006-2008 untuk karya-karya fiksi anaknya yang mumpuni.

Dru dan Kisah Lima Kerajaan sendiri bercerita mengenai Dru. Dia adalah anak perempuan 12 tahun dari desa Patala. Dru dikenal suka membangkang, dia pun dijauhi teman-temannya karena nakal, ia jarang berteman. Suatu hari Dru memanjat pohon rambutan di kebun, saat ada anak yang meminta rambutannya, Dru marah besar. Orangtua si anak melaporkan Dru ke orangtuanya. Saat itu Dru langsung menyesal. Setelahnya Dru malah terjun ke petualangan seru, akibat selendangnya terbang ke sebuah negeri ajaib. Dru menembus semesta lain.

Dru ingin keluar dari negeri ajaib itu. Di negeri itu Dru bisa membesar dan mengecil sesuka hati, namun ia kesepian. Seekor keong bijaksana memberitahu Dru bahwa ia bisa pulang ketika melaksanakan misi menyelamatkan raja-raja di negeri itu. Dru setuju, bagaimanapun Dru sangat ingin segera pulang ke rumahnya.

Pertama Dru menemui Raja Tanti Pala di Kerajaan Logam. Dru tidak menyangka Raja Tanti Pala sangat judes, namun pada akhirnya memberikan petunjuk pada Dru. Raja kedua bernama Aditsu dari Kota Pencuri, Dru menyelamatkan istri Raja Aditsu yang ternyata terperangkap di kolam istana. Lalu di Kerajaan Merah, negeri para raksasa tinggal, Dru mengalami masalah. Padahal Dru harus segera menemui Raja Wrekodara, Raja Pahlawan dan Raja Nala. Apakah Dru bisa menyelesaikan misinya dan pulang kembali ke desanya dengan selamat?

Kisah Dru sendiri menurut penulisnya terinspirasi kisah Pandawa, Clara Ng mampu mengolahnya jadi cerita baru sarat pesan moral dan nilai-nilai positif. Kisah Dru patut dibaca anak-anak seluruh negeri agar mereka bisa mendapatkan edukasi lewat kisah di novel ini tanpa sedikit pun merasa digurui karena kisah Dru sendiri sangat natural, mengalir, dan terasa epik. Maka, novel anak Clara Ng ini sangat istimewa sebab selain ceritanya kental nuansa budaya, juga novel ini dilengkapi ilustrasi–ilustrasinya menawan buah karya ilustrator muda berbakat Renata Owen. Ia juga dikenal sebagai ilustrator produk-produk ternama dalam negeri.[]

Me and Dru.

Komentar

  1. Jadi ada gambaran tentang novel ini. Thanks for review ya mas :) Masuk wishlist dulu ah novelnya :D

    BalasHapus
  2. sip sama-sama ya kak amy, semoga bisa membaca buku ini sesegera mungkin ... gak mengecewakan kokk, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…