Langsung ke konten utama

[Review] Hidup Bertetangga Ala Muslim’ Show by Noredine Allam


Judul: Hidup Bertetangga Ala Muslim’ Show
Pengarang: Noredine Allam
Penerbit: DAR! Mizan
Penerjemah: Arum Candra
Penyunting: Momoe dan Dian Hartati
Ilustrator: Blondin
Terbit: Februari 2014
Tebal: 56 halaman

Kehidupan muslim di luar negeri khususnya di negara yang muslimnya minoritas adalah hal yang menarik untuk dibincangkan. Penyebabnya adalah karena percampuran budaya akan terjadi di sana, maka hal semacam toleransi acap kali membumi di lingkungan sang muslim tinggal. Hal ini diangkat komik karya Noredine Allam. Kisah-kisah di dalam komik ini mampu mengocok perut sebab Allam menekankan pada hal-hal kocak yang mungkin terjadi di kehidupan bertetangga antara keluarga muslim dengan keluarga nonmuslim di negara Perancis.

Allam mengangkat kisah satu keluarga muslim yang baru pindah di sebuah daerah perkotaan di Perancis. Allam berfokus pada interaksi keluarga muslim itu dengan tetangganya. Tetangga keluarga muslim adalah warga lokal yang islamphobia.

Di hari pertama keluarga muslim tersebut, sang tetangga bahkan menganggap jilbab biru yang dipakai ibu keluarga beragama islam itu sebagai seragam montir, sang kepala keluarga merasa biasa saja, namun sang istri merasa geram bukan main. Di lain kesempatan, sang tetangga malah memanfaatkan kebaikan keluarga muslim, karena mereka pernah membaca bahwa keluarga muslim pasti mampu memberikan hak-hak khusus pada tetangganya. Tentu semua itu diceritakan dengan lucu oleh Allam sebagai pembuat komik ini.

Hal yang mampu pembaca serap ketika membaca komik ini adalah bahwa keluarga muslim yang mengerti nilai-nilai islam dalam bertetangga pasti akan melakukan hal terbaik semaksimal mungkin untuk membuat tetangganya nyaman. Terlepas tetangga itu muslim atau nonmuslim, ataupun tetangga itu baik bahkan mendzolimi sekalipun. Nilai-nilai islam sangat kental dalam komik ini. Semuanya digambarkan dalam kisah-kisah yang isinya tak sekadar humor belaka.

Komik ini sbagus dan patut dijadikan referensi bacaan islam bermutu karena isinya tidak hanya menghibur melainkan coba menanamkan pesan-pesan islam kepada pembaca. Melalui medium komik, Allam sebagai komikus mampu membuat kisah-kisah yang segar dalam upaya menyampaikan nilai-nilai islami yang tidak menggurui. Komik ini sangat patut dibaca karena amanat-amanatnya yang ampuh menginspirasi pembaca.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)