Langsung ke konten utama

[Review] Menyongsong Pasang by Janita Jaya


Judul: Menyongsong Pasang
Penulis: Janita Jaya
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan Pertama, Desember 2015
Tebal: 280 Halaman

Astrid Andrianna adalah seorang model yang juga mahasiswi komunikasi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Hidupnya sangat menyenangkan karena ia bisa berkarier di bidang yang ia sukai sekaligus ia memiliki kekasih yang mana pewaris tahta pengusaha paling sukses di Indonesia, lelaki itu bernama Rudi Hardiman. Namun, hidup Astrid berubah ketika ia menabrak pengendera motor di jalanan ketika hujan deras. Yang ditabrak Astrid adalah seseorang yang akan menyandarkan Astrid bahwa cinta tanpa syarat memang ada. Dia adalah Reviansyah, lelaki yang lebih tua beberapa tahun dari Astrid, dia ternyata seorang fotografer yang nantinya akan berinteraksi intens dengan Astrid, faktanya masa lalu yang ia miliki tak disangka akan membuat Astrid bersimpati dan sadar bahwa hidup memang kejam.

Novel ini meskipun menceritakan kehidupan sang model, namun tidak serta merta akan menyoroti dunia model yang glamour. Fokus cerita adalah kehidupan asmara Astrid yang tengah diguncang cobaan karena Rudi sang kekasih tengah memporak-porandakan hati Astrid karena kasih sayang yang Rudi berikan semakin membuat Astrid sadar bahwa Rudi tak sungguh-sungguh mencintainya. Kehadiran Revi malah membuat hati Astrid semakin tak tentu arah, Revi mengenalkan Astrid pada pengorbanan yang membelit masa lalunya yang kelam, Revi ternyata bukan hanya fotografer, ia juga memiliki pekerjaan sampingan yang termasuk tindakan kriminal. Fakta tersebut membuat Astrid ragu, apa tidak akan terjadi apa-apa jika ia menjalin cinta dengan Revi? Pasalnya karier Astrid tengah naik daun.

Yang paling penting, novel ini akan memberikan pesan bahwa pengorbanan dalam hidup memanglah diperlukan. Seperti Revi yang dalam kisah ini berkorban untuk seseorang yang dicintainya di masa lalu. Juga mengenai arti kesetiaan, pesan ini dapat dinukil dari karakter Astrid dan pengembangan wataknya di novel Menyongsong Pasang ini, ia akan dihadapkan pada sebuah dilema pelik; lebih baik memilih antara dicintai atau mencintai?

Meskipun novel ini menceritakan kisah orang-orang muda yang berada di usia dewasa awal, namun beberapa amanat yang dituturkan bukanlah hal-hal sederhana, kadang pesan-pesan itu secara implisit dituturkan oleh penulis demi menggertak pembaca bahwa kehidupan memang begitulah jalannya. Novel Menyongsong Pasang tidak hanya menghadirkan kisah dengan aneka adegan-adegan filmis di dalamnya, namun juga hadir dengan banyak muatan-muatan positif yang tak hanya sekadar cinta, namun juga banyak hal-hal penting lainnya.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…