Langsung ke konten utama

Review Buku Anak 'Arti Damai' (Paulo Coelho)


Judul: Arti Damai
Penulis: Paulo Coelho
Tebal: 32 Halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: April, 2020
Genre: Buku Anak

Review
Buku ini adalah buku cerita anak yang diterbitkan oleh GPU dalam bentuk ebook gratis (bisa diunduh di webnya). Menceritakan tentang raja yang mengadakan sayembara untuk rakyatnya agar membuat lukisan yang bisa menginspirasi kerajaan-kerajaan tetangga yang terus menerus berperang agar mereka berhenti melakukan hal yang membuat rakyat-rakyat mereka menderita.

Menurutku ceritanya oke plus disajikan dengan ilustrasinya yang indah dengan model klasik. Cerita oke di sini maksudnya karena ia mengajarkan kepada pembacanya untuk menjaga perdamaian. Karena ketika kerukunan terjaga, maka akan mensejahterakan semuanya baik rakyat atau petinggi-petinggi negara atau kerajaan dalam buku ini.

Di sini tak hanya itu pesan yang coba disampaikan, tetapi Paulo juga menyuratkan secara ekplisit bahwa kerajaan yang damai adalah karena rakyatnya yang bahagia bebas melakukan segala hal, tentu bukan hal jahat yang bisa merugikan. Berbeda dengan kerajaan yang mengalami konflik, entah itu karena rakyat atau pemerintahnya, yang jelas sih ada yang salah.

Bahkan pesan untuk tidak menghakimi terlebih dahulu juga disampaikan oleh buku ini. Hal ini tercermin dari cerita saat raja mengumumkan pemenang sayembara, rakyat yang ikut serta berang tanpa mau mendengar penjelasan sang raja terlebih dahulu. Dalam keseharian kita juga sering men-judge sesuatu tanpa kita tahu hal itu secara mendalam, agaknya hal itu hanya akan membuat kita terlihat dangkal dan enggak banget, kan?

Untuk masalah ilustrasi sih keren banget, semacam flawless aja gitu. Dan yang paling penting sih menggambarkan banget ceritanya.

Aku saranin saat baca ini, anak kecil perlu di-guide orang yang lebih dewasa karena makna ceritanya mungkin enggak mudah ditangkap anak kecil.

Arti Damai ini buku cerita yang keren yang perlu dibaca oleh siapa aja. Makna ceritanya dalam dan tentu saja sangat universal. Jadi direkomendasikan banget buat dibaca bukan cuma oleh anak kecil aja tapi sama orangtua/orang dewasa juga. Buruan baca, paling cuma lima menit doang, soalnya memang ringkas.[]

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)