Langsung ke konten utama

[Travel Writing] Plesir ke Bali (6D5N) 1-6 Juli 2019; Day 4-6 The Journey Ends

Foto pas mau ke Penida, nungguin kapal dateng
Cerita hari ke 1
Cerita hari ke 2
Cerita hari ke 3

Melanjutkan cerita, hari itu hari keempat di Bali. Rencananya kita pergi ke beberapa tempat. Yang pertama kita kunjungi adalah Tegallalang Rice Field Terrace. Tempatnya lumayan bagus sih, juga terdapat banyak spot foto bagus di situ. Sayangnya menurut kami tempat tersebut mahal, karena di setiap sudut spot foto, pasti dikenai tarif seperti pas di tempat foto yang ada ayunannya. Juga agak gersang juga sih mungkin karena lagi musim kemarau kali ya.

Pas di Tegallalang

Pas kita menghabiskan waktu di tempat tersebut, enggak lama-lama sih karena panas banget. Lagian tempatnya juga luas juga, gak bisa keeksplore semua, lagian banyak bayar kalo mau masuk ke sini, ke sono, apa-apa serba bayar jadilah kita cuma puas cuci mata sebentar-bentar aja. Hemm, padahal masuknya lumayan murah lho cuma 10 ribu.

Kalo gak salah setelah ngeksplor tempat ini, kita kemudian menuju vila dulu karena jaraknya gak begitu jauh. Sebelumnya kita makan dulu di restoran. Tempatnya lumayan bagus cuma makanannya biasa aja tapi harganya lumayan mahal. Namanya restoran starbakso.

Lalu setelah dari vila buat makan solat, kita pergi ke air terjun Kantolampo di Gianyar. Lumayan bagus tempatnya. Cuma kalo gue gak sampe pergi ke bawah, gak siap-siap peralatan renang juga baju buat ganti. Banyak bule juga di sini, mungkin karena viewnya bagus sih jadi enak aja menghabiskan waktu di sono.

Foto-foto pas di Kantolampo

Cuma emang kudu hati-hati pas ke sini, jalannya ke bawah, agak licin. Tapi emang bagus. Terutama air terjun besarnya yang batu-batunya berundak-undak, jadi air terjunnya kayak keliatan banyak dan tipis. Bagus sih, bagus banget. Turis luar yang ke sini juga pada foto-foto pose romantis gitu. Duh, mana pada pakenya cuma bikini atau boxer doang, bikin ngiri nih, lol. Tapi emang kenyataannya gitu, emang mereka totalitas ya kalo liburan. Pokoknya emang pas di sini, unforgettable banget.

Setelah dari ini malamnya rombongan pisah. Jadi, ada sembilan orang udah termasuk temen yang udah ngexplore Lamben buat course diving, kita misah jadi enam tiga, yang enam itu besoknya bakal pergi ke tempat eksotik lain, ceilah, yaitu di kawasan Nusa Penida.

Singkat cerita kalo yang rombongan tiga orang pergi ke vila, kita yang enam bermalam di hotel di daerah Kuta (kalo gak salah), gue lupa nama hotel dan daerahnya. Cuma emang gak worthed aja, hotelnya kaya gak terawat gitu lah. Serem pula, sampe ada anggota rombongan yang histeris gitu.

Pas temen-temen gue di hotel, gue sih eksplore daerah dulu kebetulan temen gue lagi ada yang kerja di situ, jadi explore daerah Denpasar kayak ke Braja Sandi, terus Tukad Korea, sama apa lagi ya, gue lupa hahaha… pokoknya gue balik ke hotel udah malem. Petugasnya gak stand by, bikin gue makin parno soalnya suasana hotelnya parah serem banget.

Untungnya pagi udah tiba dan kita selamat, gak ada yang kerasukan, hahahaha.. langsung deh rombongan enam ini pergi ke Nusa Penida, naik kapal dulu dari pantai kuta kalo gak salah lagi, gue lupa.

Let's go to Nusa Penida

Seru deh, ini kali kedua gue naik kapal, dan ini lebih besar dan di laut pula. Excited aja sih gitu. Gue soalnya belum pernah. Goyang-goyang kayak naik ombak banyu, wahana di pasar malam gitu lah, kalo di dufan apa ya, kora-kora gitu? Lupa lagi, lol…

Pas udah sampe Pulau Nusa Penida, kita disambut di pantai di sana, lupa lagi namanya, haduh gak banget ya, lalu kita naik mobil yang udah ada sopirnya, itu fasilitas travel. Ada miskom gitu sih, seharusnya kita snorkeling, tapi gak. Gak tau lah masalahnya gimana, hanya aja kita kecewa berat, udah jauh-jauh ya ke Bali, Nusa Penida gitu, eh gak eksplor kedalaman lautnya, sedih ….

Ya udahlah, yang jelas kita dongkol saat itu, tapi mau gimana lagi, the show must go on. Terus kita menuju ke destinasi pertama. Lupa lagi namanya, pokoknya ke tempat yang ada view bukit trex gitu lah. Anjir, panas di sana, sebelumnya kita sudah tersiksa loh karena di perjalanan kita digoyang-goyang, kondisi jalanan di Pulau Nusa Penida ternyata parah banget gila. Banyak lubang, gak mulus, mampus dah kalo kondisi badan gue saat itu lagi gak fit, untungnya enggak. Banyak monyet juga pas di sini ya ampun gak kuat, maksud gue pas foto-foto parno gitu.

Foto-foto pas di Trex bay

Tapi, emang pemandangannya indah. Sekali seumur idup akhirnya bisa ke tempat yang menakjubkan at least. Kita foto-foto banyak banget.  Tapi gue sedikit sih, dan gak ada yang bagus, lol.

Setelah puas menghabiskan waktu di sini, kita pergi menuju Angel Billabong sama Broken Beach (sorry kalo typo). Tapi di tengah perjalanan kita makan dulu. Fasilitas travel ya. Enak sih makanan yang gue makan saat itu, ikan kari soup. Sedangkan temen-temen gue ayam goreng gitu atau ayam kari soup. Rasanya seger sih, lumayan enak lah, enak banget malahan.

Setelah puas istirahat bentar, pergilah deh kita ke sana. Digoyang-goyang lagi deh kita di jalan. Tapi pas sampe sana dibayar dengan pemandangan yang indah emang. Spot ini emang bener-bener ngejual view. Cakep banget dah. Tapi ya emang panas, gue juga sampe make beberapa kali si tabir surya, ke muka badan. Kita juga foto-foto banyak banget.  Beberapa fotonya bagus.

Foto-foto pas di Broken Beach plus Angel Billabong

Merasa kenyang dengan tempat ini, kita hengkang ke destinasi terakhir yaitu Pantai Crystal Bay. Menurutku pantainya biasa aja. Temen-temen gue menikmati es kelapa muda. Sedangkan gue, kebingungan nyari tempat solat saat itu hahaha… akhirnya solatnya di postpone, I mean di qodo gitulah. Mungkin kalo pas sore bagus kali ya, cuma pas kita ke spot ini pas lagi panas-panasnya. Jadilah menurut gue sih gak berkesan banget.  Setelah ke sini, kita balik lagi ke tempat kapal feri. Kita akhirnya balik menuju vila di Ubud.

Pas di perjalanan ke vila dari pantai kuta, kita pake grab gitu, drivernya ngocol gila. Jokes-jokes dia relatable banget sih 18 plus plus, ya itu salah satu hal memorable setelah seharian kita cukup kenyang pemandangan sama sakit-sakitan karena kondisi jalan Penida yang ancur lebur. Ya udah lah…

Besoknya berarti hari Sabtu ya, kita balik lagi deh ke Jawa, Jakarta. Nyampe sana malem kan, kita di hotel pop dulu deket bandara buat nginep. Besoknya kita balik lagi ke Cirebon, misah-misah gitu, mostly pake kereta sih. Tapi, kita semua bersyukur kok soalnya kita semua selamet sampe tujuan, gak ada luka-luka atau apa, semuanya merasa happy dan tentu aja tepar haha…

Bottom line, liburan di Bali ini so far salah satu yang memorable sih dalam kehidupan gue. Juli 2019, di Bali dan banyak cerita memorable di sana. Seru-seru. Mungkin gue perlu cerita juga cerita liburan lainnya. Pas Desember 2018 gue ke Jogja sih bareng rombongan empat orang, terus kemaren juga pas September 2019 gue explore Jakarta bareng temen-temen gue , cowok semua, edan sih sampe nginep di stasiun tuh. Mungkin gue cerita nanti, tunggu aja cerita-cerita selanjutnya….[]