Langsung ke konten utama

[Review] Badut Oyen by Marisa Jaya, dkk

Judul: Badut Oyen
Penulis: Marisa Jaya, Rizky Noviyanti, & Dwi Ratih R.
Penerbit: Gramedia
Terbit: Cetakan Pertama, April 2014
Tebal: 224 Halaman

Oyen adalah badut penghibur anak-anak yang pantang menyerah. Dia dulunya seorang mahasiswa yang terpaksa drop out berhubung kondisi ekonomi keluarga yang tak mendukungnya kuliah. Kini Oyen tinggal sendiri di rumahnya. Selain menjadi badut penghibur, dia juga membuka toko alat pesta di rumahnya. Meskitoko itu sepi pengunjung

Maka hidup Oyen jauh dari yang namanya berkecukupan. Ditambah akhir-akhir ini kebutuhan hidup yang mencekik membuatnya harus bekerja lebih keras. Oyen tak disangka berhutang pada Syamsul, rentenir kampung yang sering membuat warga melarat semakin hancur. Syamsul tak segan melukai para penghutang yang telat bayar. Ia dibantu algojo-algojonya yang siap sedia melakukan apapun yang diperintah termasuk tindak kekerasan.

Oyen mempekerjakan Suparni. Gadis itu selalu berada di sisi Oyen yang miskin. Suparni jatuh hati pada Oyen, namun lelaki itu kurang peka pada Suparni. Hingga di suatu pagi yang cerah, Oyen si badut penghibur ditemukan tergantung di kamarnya sendiri. Seluruh warga kampung Oyen gempar dan menduga-duga bahwa tidak mungkin Oyen bunuh diri.

Kematian Oyen disusul kematian misterius Syamsul si lintah darat. Orang yang dicurigai membunuh Oyen itu pun meninggal. Oyen sebelumnya tak mampu membayar hutangnya pada Syamsul. Warga kampung curiga pada Syamsul namun pria paruh baya itu pun menjadi korban pembunuhan misterius. Lalu pembunuhan keji selanjutnya menimpa Rudi yang merupakan anak Ratna, perempuan yang ditaksir Oyen. Kini, teror semakin mencekam di kampung Oyen karena banyak warga diteror hantu badut yang disinyalir arwah gentayangan Oyen. Siapa korban berikutnya? Apakah benar disebabkan hantu badut Oyen?

Novel Badut Oyen adalah novel bergenre horor karangan tiga penulis wanita. Meskipun ditulis lebih dari satu orang, novel ini terasa mulus gaya penceritannya dan tentu saja tidak terkesan ditulis secara terpisah. Hal ini meningkatkan kualitas novel yang semakin bagus karena konten ceritanya pun sudah sangat menegangkan, sangat horor dan mencekam.

Yang paling penting dari novel ini adalah amanatnya yang mencoba menyampaikan bahwa perjuangan hidup di dunia memang memiliki sebab akibat. Seperti halnya Oyen, sang badut yang disukai anak-anak. Saat ia meninggal dengan tragis, orang-orang tetap berprasangka baik padanya, namun semuanya lenyap kala teror hantu badut menyerang kampung padahal hantu itu belum tentu arwah dari Oyen yang terbunuh. Alhasil, dari plot ceritanya itulah novel ini terkesan masih memiliki pesan yang kuat meskipun novel horor.

Novel Badut Oyen sangat berpotensi menghibur pembaca lewat rangkaian ceritanya yang membuat jantung berdebar-debar sepanjang 224 halaman novelnya. Walaupun novel Badut Oyen ini bisa membuat bulu kuduk pembaca merinding, amanat di dalamnya sungguhlah mampu memengaruhi pembaca bahwa berpikiran negatif pada suatu hal akan menimbulkan dampak negatif lainnya berdatangan. Seperti kala teror pasca kematian badut Oyen, warga kampung malah berpikiran yang tidak-tidak, alih-alih mencari solusi yang tepat kala hal diluar nalar terjadi. Segala hal memang seyogiyanya dipasarahkan kepada Sang Pencipta yang mengetahui rahasia baik di dunia nyata maupun ghaib.[]
           
           

Komentar

  1. Membaca plot ceritanya, saya sangat tertarik membaca buku ini. InsyaAllah berjodoh dengan novelnya.

    Si pembunuh itu saya menduganya adalah Suparni.

    BalasHapus
  2. bisa jadi kak Adin, secara Suparni deket sama Oyen. Tapi, motifnya bakal gak ketebak sih, eh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…