Langsung ke konten utama

[Review+Giveaway] Love Trip by Putu Kurniawati


Judul: Love Trip
Penulis: Putu Kurniawati
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan Pertama, Juni 2016
Tebal: 272 Halaman
ISBN: 978-602-03-2905-5

Love Trip menceritakan Cakra yang tengah di Kyoto, Jepang dalam rangka menemani penelitian dosennya. Cakra ini mahasiswa Indonesia yang kuliah di Denver, Amerika Serikat. Tak disangka, di Kyoto ini hati Cakra tertambat pada seorang cewek keturunan Indonesia-Jepang. Dia bernama Luna.

“Ada perasaan tertarik yang tidak bisa ia jelaskan. Wajah cantik khas Asia itu, suaranya yang dahsyat, dan gerak tubuh memesona.” Love Trip, 17.
Singkat cerita Cakra dan Luna ini menjalin hubungan setelah beberapa bulan mereka saling berinteraksi dan merasa klop satu sama lain. Namun, hubungan mereka ternyata harus LDR karena Cakra masih menuntut ilmu di Denver dan Luna harus pulang ke Indonesia setelah ia menyelesaikan studinya di Kyoto, Jepang.

Karena ada beberapa sebab, hubungan LDR antara Cakra-Luna ini mengalami beberapa goncangan hebat. Dari mulai Luna yang merasa perhatian Cakra berkurang padanya, juga Cakra sendiri yang sepertinya tidak berniat memacari Luna dengan serius, karena bisa diliat banyak hal yang dilakukan Cakra tidak demi Luna melainkan demi dirinya sendiri bahkan pertimbangan orangtua pun sangat tidak ia hiraukan. Coba aja pas si Cakra ini lulus dari kuliahnya, malah ia berniat kerja di Denver tanpa ngomong-ngomong dulu sama Luna. Jadi donk, si Luna merasa ada setidaknya yang gak beres kalo gak dibilang ‘gak sinkron’ dengan keputusan Cakra ini.

“Seandainya kita gak LDR, aku nggak perlu rewel begini!” Love Trip, 65.

Lalu bagaimana cara Luna menghadapi Cakra yang menurutnya seperti tidak serius dengan hubungan LDR mereka? Bagaimana kisah ini akan berjalan?

Love Trip adalah novel genre Young Adult terbaru terbitan GPU. Novel ini sebenarnya adalah spin-off dari novel debut Mbak Putu Kurniawati yang berjudul Ketika Elang Mencintai Dara. Novel ini harus aku bilang jauh lebih bagus dari karya perdana Mbak Putu. Bagus aja karena banyak kemajuan yang aku bisa lihat dari gaya penceritaan Mbak Putu yang lebih matang, karakter-karakternya yang jauh lebih tereksplorasi, dan tentu saja plot yang disajikan di dalam novel Love Trip ini sangat dinamis.

Pertama akan aku bahas gaya penceritaan Mbak Putu dulu nih. Di novel Love Trip ini aku rasa gaya penceritannya mengalir alias gak kaku. Setiap transisi bab pun sangat-sangat terasa smooth, dan di setiap cerita meskipun memakai POV3, ia bisa menceritakan segala halnya dengan baik. Fokus cerita bisa diarahkan dengan baik menitikberatkan pada hubungan LDR Cakra-Luna. Ditambah gaya deskripsi Mbak Putu di novel ini tidak membosankan karena setting tempat novel ini bakal meriah dengan tempat-tempat yang wah, Mbak Putu bisa menjelaskannya dengan baik dan gak bikin berkerut deh pas baca bagian-bagian yang nge-highlight tempat-tempat.

Kedua, karakter-karakter di novel ini tereksplorasi dengan baik. Kalo kamu punya kesempatan buat baca novel ini, jangan kaget ya karena kamu bakal nemuin banyak karakter dengan banyak kepentingan yang saling bertubrukan lho, tapi dalam kadar yang berbeda-beda sih. Dari dua karakter utamanya dulu yaitu Luna dan Cakra, eh kalo boleh bilang sih karakter utamanya ya Cakra karena porsi cerita dia paling banyak. Cakra ini punya cinta yang kuat demi Luna. Banyak hal dia korbankan demi Luna. Yang paling gede yang tentu aja karier yang ia lepas di Denver. Semua demi Luna, eh cinta dia ke Luna. Selain itu dia juga gak mau sih kehilangan cinta lagi. Maklum di sini dia bakal punya rival bernama Steve yang notabene sahabat Luna.Pokoknya hal ini tuh ada hubungannya dengan masa lalu Cakra yang ngelepas cinta pertamanya pada seorang cewek seangkatan pas SMA. Yah bisa baca di novel pertama Mbak Putu.

“Cowok kayak Cakra cenderung susah ditebak. Tapi aku lihat usahanya boleh juga. Dia meninggalkan pekerjaannya di Denver demi hubungan kalian, kan? Cowok seperti itu kalau sudah suka sama cewek, bakal susah melupakan.” Love Trip, 141.

Terus karakter Luna juga bisa digali dengan baik. Lewat hal yang dilakukan Luna demi menggaet perhatian Cakra, aku udah bisa bilang sih Luna ini ya pengen banget dapet perhatian Cakra. Berhubung selama ini dia capek kali ya terus-menerus kasih Cakra surprise tapi cowok itu malah gak peka banget, bahkan ultah Luna malah lupa. Ckckc … Pokoknya Luna ini cewek idaman banget lah karena dia menerima Cakra apa-adanya. Dia ini bahkan memaklumi penyakit Cakra, duh namanya juga cinta. Dan karakter-karakter lainnya yang juga ambil peran besar ada Junot, sahabat setia Cakra sejak kuliah di Denver, juga ada Sunny (kakak Luna yang ternyata mantan pacar kakak Cakra), ada Vadin (kakak Cakra yang masih perang dingin sama Sunny), juga ada tokoh-tokoh dari Ketika Elang Mencintai Dara, ada Sasha, Lala, Elang, Dara, tetap aja sih yang paling menonjol ya Sasha karena dia ngejar-ngejar Steve (sahabat Luna).

“Aku akan … menemani kamu sampai tua. Sampai kita sama-sama ompong dan ubanan.” Love Trip, 264.

Dan yang terakhir adalah plot dari novel ini merupakan kelebihannya. Kalau tidak ada keunikan yang dimasukkan dalam konfliknya, mungkin rasanya akan biasa aja plot novel Love Trip ini. Mbak Putu memasukkan topik ‘nyentana’ yang merupakan adat perkawinan Bali. Jadi hal ini merupakan hal yang menyebabkan salah satu tokoh di novel ini membuat permainan find me yang menguji lawan mainnya untuk ‘serius’ dan peka dengan semua kode yang dilontarkan pasangannya. Jujur saja ketika aku membaca cerita Love Trip ini aku dibuat gregetan berkali-kali dengan tarik ulur hubungan Cakra dan Luna. Hemmm … bikin gemes-gemes gimana gitu hubungan mereka itu. Pokoknya yah gitu sih ditambah banyak pihak yang ngerecokin hubungan mereka; Vadin, Sunny, terutama Steve. Huft, rasanya bikin keki banget.

Nah, kalau disuruh cari kekurangan novel ini agar review ini berimbang, aku putuskan bahwa kekurangannya adalah ceritanya yang predictable. Namun, hal itu tidak melunturkan semua kelebihan novel ini berhubung kelebihannya lebih menonjol dari banyak hal yang kusebutan di atas. Novel Love Trip bagus dalam kemasan konten dan apalagi fisiknya yang comot-able deh … 




Nah sekarang giveaway time yuk!
Simak syarat-syaratnya dulu sebagai berikut.

1. Baca review novel Love Trip di postingan ini! Of course ..
2. Follow twitter penulisnya: @niaa_89. Juga @dedulfaithful jangan lupa difollow ya!
3. Punya alamat pengiriman di Indonesia
4. Simak pertanyaan berikut:

Menurutmu tempat wisata paling romantis yang wajib dikunjungi di Indonesia di mana? Mau tau donk alasannya juga, sebutin ya!

5. Jawab pertanyaan di atas, jawab di kolom komentar postingan ini ya pake format

[Akun Twitter]
[Kota/Kabupaten Tempat Tinggal]
[Jawaban]
Contoh:
@dedoelll
Cirebon
Menurutku sih pulau Derawan, karena di sana pantainya masih belum terjamah. Bisa bikin menghidupkan suasana yang emang udah romantis jadi makin romantis … 

6. Setelah komen, sebar info GA ini di twitter mention @niaa_89 & @dedulfaithful. Jangan lupa gunakan tagar #GALoveTrip

7. GA ini dari tanggal 16-20 Juli 2016 saja (lima hari), dan pengumuman pemenang via twitter ya antara tanggal 21-25 Juli 2016. Pas nunggu pengumuman, kamu bisa ikutan next #GALoveTrip di blog-nya Mbak @lucktygs. So, yuk ikutan!

Komentar

  1. Twitter : @yunikaanwar1
    Kota : tangerang
    Menurut aku sih cartil (caringin tilu) di bandung. Dari tempat itu kita bisa menikmati keindahan kota bandung dari ketinggian apalagi saat malam hari bikin suasana romantis dan tidak terlupakan

    BalasHapus
  2. Twitter : @fakhrina_fm
    Kota : Kraksaan, Probolinggo
    Kak Dedul : "Rina, Rina, sini! Ada buku baru lho!"
    Me : "Wahhh, buku apa kak?"
    Kak Dedul : "Baca aja review kakak di blog yang terbaru ya!"
    Me :"Oke kakak."
    ~~Baca REVIEW~~
    Me : "Kak Dedul, tanggung jawab! Aku jatuh cinta sama buku ini gegara review dari kak dedul😭. Btw, itu ada kuisnya ya kak? Sini buat ane aja kak🙆"
    Kak Dedul: "Enak aja, ini amanah, harus dijalani🙈!"
    Me : "Ceilah kak, iya deh iya, ane ikutan. Eh iya kak, pertanyaannya apa ye? Lupa 😅"
    Kak Didul : "Oke, yang bagus ye! Biar kakak pilih nanti. Dasar pelupa! Menurutmu tempat wisata paling romantis yang wajib dikunjungi di Indonesia di mana? Mau tau donk alasannya juga, sebutin ya!"
    Me : "Et dah. Menurut aku ya kak, gini, terus begini, dan akhirnya begini! Hahahaha. Bercanda dink! Menurutku itu adalah tempat wisata alam. Seperti air terjun. Aku milih yang panjang aja deh jarak tempuhnya. Tapi yang jalan kakimya panjang. Kenapa? Karena saat perjalanan itulah bikin kita lama berduaan sama dia. Jalan bareng, naik bareng, turun bareng, nyebrang sungai bareng, aku jatuh, kamu menolongku, kamu jatuh, aku menolongmu. Intinya susah senang dilakukan bareng-bareng ketika perjalanan. Bisa juga mendaki gunung ya! Berhari-hari tuh dalam perjalanan, hahahaha. Udah deh, itu aja kak!"
    Kak Didul : "Mantab dah. Aku simpen dulu ya jawabannya! Tunggu aja pengumuman pemenangnya!"
    Me : "Sip kakak. Don't forget me, kakak!" ^_^

    BalasHapus
  3. Akun: @anabahtera
    Kota: Aceh
    Wisata yang paling romantis??
    PANTAI.
    Yap! Pantai merupakan destinasi romantis menurut aku. Debur ombak yang berkejaran, angin yang membuat nyaman dan pasir lembut menyentuh kulit merupakan suasana romantis tuk dihabiskan dengan kesayangan. Ditambah lagi ufuk senja yang membuat langit berubah menjadi jingga benar-benar perpaduan alam yang maha indah.
    Dan salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah barisan pantai di kepulauan Raja Ampat Papua Barat. Airnya jernih, pantai yang bersih, pasir yang putih, pemandangan alam yang memanjakan mata dan dunia bawah laut yang menjanjikan keindahan yang tak terkira merupakan destinasi yang wajib dikunjungi dengan orang yang terkasih.

    BalasHapus
  4. Twitter : @MrsSiallagan
    Kota ; Siantar
    Jawaban: Tempat paling romantis adalah Pantai Lovina yang terletak di Bali Utara. Tempat ini belum banyak dikunjungi orang seperti pantai di bali lainnya. Pantai Lovina terkesan romantis karna pantai yang bersih dan sedikit orang. Kita bisa berjalan-jalan atau berlari dengan pasagan di pesisir pantai, bermain air atau berenang sampai melihat lumba-lumba yang banyak di tempat ini. Pantai ini sangat bersih dan bebas dari sampah, jadi sangat cocok dijadikan tempat paling romantis.

    BalasHapus
  5. @MukhammadMaimun
    Sleman

    Kalau menurut aku, Taman Sari di Yogyakarta.
    Pemandangannya unik, artistik dan eksotik. Juga indah banget.. Secara dulunya ini adalah pemandian putri raja. Juga ada beberapa ruangan yang ada di dalam terowongan dan ada beberapa tangga yang sangat asrtistik banget. Dijamin romantis dan indah banget apalagi buat foto pre wed atau sekedar foto selfie biasa

    BalasHapus
  6. @sitasiska95
    Gorontalo

    Tempat Wisata paling romantis yang wajib dikunjungi menurutku adalah Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol. Kenapa? Jalan berdua sama pasangan, sambil sesekali naik wahana-wahana disana, makan eskrim, gandengan, adalah kencan impianku sejak dulu. Sambil liburan, kita bisa bersenang-senang dan memacu adrenalin sekaligus :v

    BalasHapus
  7. @widy4_w
    Nganjuk

    Mahameru aku pilih, bukan karena gunung itu merupakan tempat tertinggi di Pulau Jawa dan punya track yang sulit. Tapi lebih karena Gunung itu sangat Eksotis. Mistis dan juga..Cantik. Menurutku, mendaki bersama pasangan kesitu suatu hari nanti bukan ide yg buruk, malah ide yang brilliant dan..Romantis. Ada tempat-tempat disana yang mendebarkan dan memesona bila di lihat secara langsung. Mulai dari danaunya, Pemandangan dari puncak tertinggi, dan masih banyak lagi yang mampu memanjakan mata.

    BalasHapus
  8. @deviambar_
    Kediri.
    Tempat wisata romantis yang ada di Indonesia, bagi saya adalah Pantai Senggigi Lombok. pantai yang menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang eksotis serta memiliki pelayanan berupa tempat untuk berbulan madu. terdapat pula kapal yang dapat dinaiki. lewat tempat itu, Kita bisa menikmati sensasi tentang bercinta. serta menikmati keindahan pantai nya. Saya, berharap saya juga dapat melakukan perjalanan berwisata sekalipun bercinta di tempat romantis itu. So, Have a nice day to weekend in this place. So romantis dan sweet too. :')

    BalasHapus
  9. @PidaAlandrian92
    Aceh Timur

    Menurutku sih tempat wisata yang paling romantic dan yang wajib dikunjungi ada dua.
    PULAU PANTAN TERONG yang terletak di puncak dataran tinggi yang ada di takengon tepatnya di Aceh Tengah. Di pulau ini kita akan mendapati suasana romantic yang sanggat luar biasa. Apalagi di tambah dengan keasrian alam dan pemandangan penggunungan dan bukit barisan menjadi nilai tambah berada di puncak pulau pantan terong ini. dari Pantan Terong ini juga bagi pasangan yang ingin menambah suasana romantisnya menjadi ++++ bisa menikmati pemandangan terbitnya matahari dan terbenamnya matahari.

    Sekian..
    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  10. @etqiw
    Kota Cirebon

    Menurut saya, tempat paling romantis di Indonesia yaitu pulau Bintan, Riau. Dengan eksotisme pantainya yang seperti di Maldives. Apalagi ketika sore hari kita duduk bersantai bersama pasangan sambil melihat pantai dan senja yang indah ditemani dua cangkir kopi hangat di atas meja.

    BalasHapus
  11. @Larasta_
    Tangerang

    Answer: Tempat Romantis menurut aku itu ialah Pantai Losari, Makassar. Karena Pantai itu tempat yang Romantis untuk Berkencan bersama Pasangan. Menikmati indahnya deburan ombak dengan kesejukan angin laut yang bertiup sepoi-sepoi, Saling mengukir nama di Pasir, Kejar-kejaran di tepi pantai dan saling menyipratkan air, Duduk di pinggir pantai sambil menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari karena Pantai Losari identik dengan letak Sunset nya, dan di Malam harinya kita bisa menikmati Bintang-bintang bertaburan di langit dengan Berduaan saja. Sempurna sekali jika datang kesana bersama Kekasih, kita bisa lebih dekat lagi dengan Pasangan, dan Ber-Romantis ria disana.

    BalasHapus
  12. @RinitAvyy
    Kediri

    Pantai Pandawa adalah pantai paling bagus yang pernah aku saksikan deburan ombaknya. Aku takjub banget sama pantai ini, Keromantisan di pantai ini sangat terasa karena banyak pasangan muda menghabiskan waktu disana dan membuatku iri. Dilihat dari segala sisi, pantainya yang tampak alami dan keindahan alamnya yang menjalar dari ujung ke ujung pantai membuat aku lupa diri dan melupakan pemandangan para pasangan yang hilir mudik berpegangan tangan.

    Pantai Pandawa tidak seperti pantai-pantai di Bali lainnya yang penuh tumpukan sampah. Justru pantai ini bersih dari sampah, air lautnya pun biru jernih. Sungguh luar biasa kalau kalian mau menghabiskan liburan kesini, sekalian ajak pasangan bila perlu. Biar tidak iri seperti pengalamanku, hehe.

    BalasHapus
  13. @san_fairydevil
    Surakarta, Jawa Tengah

    Tempat paling romantis adalah Pulau paling ujung timur Indonesia. Papua.
    Kenapa? Soalnya di satu pulau bisa menikmati banyak hal yang luar biasa.
    Menghabiskan hari menikmati indahnya Raja Ampat setelah terbang menuju Sorong dan harus naik kapal selama dua jam ke Raja Ampat.
    Lalu setelah sampai di Papua dan puas menikmati indahnya Raja Ampat, bisa pergi ke Kabupaten Paniai dan bersantai dengan perahu di Danau Paniai. Atau bisa juga diving (bagi yang bisa :P) di Taman Nasional Teluk Cendrawasih sambil gandengan tangan. Hohoho :D
    Berjemur di Pantai Bosnik, melupakan dunia. Air lautnya bening banget.
    Atau menikmati salju di Puncak Jayawijaya walaupun kabarnya Salju Abadi di Puncak Jayawaijaya sudah enggak Abadi lagi karena perubahan iklim.
    Walaupun gitu banyak tempat yang bisa dikunjungi di Papua. Kalau aku yang suka jalan-jalan ke tempat-tempat kayak begituan, pasti milih Papua jadi destinasi utama di Indonesia. Apalagi kalo budget-nya mendukung banget. Hahahaha :D

    BalasHapus
  14. @nAshari3
    Cikampek

    Kalo mau jujur banyak sih tempat wisata yang romantis, baik di Indonesia ataupun negara lain. Tergantung selera dan budgetnya. Cuma, kalo aku memilih tempat wisata yang pernah aku datangi sampai hari ini (cuma baru di pulau sumatera, jawa & bali) yang paling romantis itu adalah ngeliat SunRise dari puncak gunung Bromo. Tempat ini sebenarnya aku datangi saat masih SMP, dan sampai hari ini masih sangat berkesan buatku (belom sempat kesana lagi). waktu itu aku pergi ke puncak bromo itu bareng bokap. Menurutku tempat itu romantis karena kita harus mulai berangkat ke kawasan wisata itu saat dini hari. Pergi kesana naik jeep, lalu kita harus berjalan kaki di lautan pasir (bisa juga naik kuda, tapi lebih romantis adalah berjalan kaki sambil berpegangan tangan dalam kegelapan, saling menjaga), setelah itu kita diharuskan naik tangga untuk ke puncak (aku lupa berapa jumlah anak tangganya, yang pasti banyak) Cape pasti, tapi kan bisa jadi modus untuk caper ke doi. hahaha... Dan saat sampai ke puncak, hawanya dingin banget, tempat terdingin yang pernah aku datangi di Indonesia. Sambil nunggu matahari muncul, kita bisa saling berpelukan (teletubies..hahaha) #moduslagi Dan saat melihat sunrise dari puncak bromo, itu sangat indah banget. Momentnya romantis banget deh.
    Aku gak tau sekarang bromo seperti apa. Tapi aku gak kapok kesana dan pengen suatu hari nanti pergi kesana bareng someone spesial dan menikmati romantisme gunung Bromo.

    BalasHapus
  15. Twitter : @dewi_anisa
    Kota : Surabaya

    Tempat paling romantis itu di Puncak Penanjakan Gunung Bromo.
    Kenapa ? Bromo itu tempat yang indah, keren, menarik, mistis, dan yang pasti romantis.
    Menurutku romantis itu melihat terbitnya matahari dengan pasangan di Puncak Penanjakan Gunung Bromo.
    View yang paling gak harus kita nikmati sekali seumur hidup. Ditambah lagi bisa bawa oleh oleh bunga Edelweiss yang merupakan bunga abadi dan potret moment dengan pasangan. Ada yang lebih romantis ?

    BalasHapus
  16. @p_ambangsari
    Temanggung

    Jawaban: Malboro. Alias Malioboro. Bagi saya romantis itu yang bikin perasaan bahagia sekali hingga menciptakan rasa cinta atau ketertarikan pada hal di sekitar. Entah itu manusia/makhluk hidup atau barang(suasana).

    Saya langsung kepikiran Malioboro terutama pada malam hari. Pemandangan yang indah dengan kerlipan lampu jalanan yang tak berhenti bersinar seperti tak hentinya manusia berlalu-lalang di jalanan.

    Sekilas dalam bayangan saya muncul adegan-adegan romantis seperti bersenda gurau sepanjang jalan bersama orang tercinta. Mampir ke warung-warung kecil yang tradisional di pinggir jalan. Atau hanya sekedar berjalan dalam keheningan0 malam. Menikmati pesona alam tersendiri.

    Di sana juga dekat dengan objek wisata seperti titik kilometer nol yang memiliki beberapa patung indah sebagai objek foto. Ada gembok cintanya juga lho, kayak Korea atau Paris :D

    Malioboro romantis berkat suasana yang selalu ramai secara tradisional maupun modern. Kehidupan masyarakat yang masih mengangkat tradisi seperti pertunjukan pengamen dengan gamelan (Art Display) tercampur dengan kedatangan turis yang penuh modernisasi. Keren banget. Apalagi suasana alamnya.

    Oh iya, ada spot foto lain. Tugu Jogja. Itu keren banget kalau bisa memotret tempat itu dengan bokeh hasil dari lampu-lampu kendaraan. Oh oh oh itu harapanku banget.

    BalasHapus
  17. @fdijeee
    Takalar

    Menurut aku sih Lolai Kapalapitu - Toraja Utara. Tempat ini disebut juga Negeri Diatas Awan. Jika kita berada ditempat ini, maka kita akan dimanjakan oleh hamparan pemukiman dan gunung serta awan yang sangat menakjubkan seperti berada diatas awan. Kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset dengan suasana romantis dan dapat menikmati hamparan awan dari atas.

    BalasHapus
  18. Akun Twitter : @Imah_Fatma29
    Kota/Kabupaten Tempat Tinggal : Kulon Progo
    Jawaban : Puncak Mahameru. Karena pemandangan yang menawan dan udara yang masih segar. Selain itu pemandangan sunrise atau sunsetnya itu sayang kalau tidak dinikmati. Di Puncak Mahameru yang merupakan puncak tertinggi Pulau Jawa bisa menyaksikan dan mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa.

    BalasHapus
  19. twitter: @kimah_khimah
    kota: bekasi,jabar
    jawaban:
    Pulau Ora di Desa Saleman, Seram Utara, maluku tengah.karena
    Pantainya eksotis dan tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai Lanikai Oahu di Hawaii atau Pulau Maladewa. apalagi resort disini mengambang diatas pantai dengan pemandangan Terumbu karang dan hewan lautnya yg terlihat sangat alami dan masih terawat dengan baik.
    selain pantainya kita juga bisa wisata terkking melintasi hutan yang masih alami menuju Pusat Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan, Sawai, tempat pengkaran burung kakatua dan nuri seram.
    tempat yg paslah untuk menikmati alam bersama orang yg disayang.

    BalasHapus
  20. @reyzamzamy
    Surabaya

    Menurut aku, tempat romantis itu di Pantai Kenjeran. Pantai yang berada di Surabaya ini merupakan salah satu pantai yang sangat romantis menurutku.

    kenapa?

    Karena selain aku bangga dengan kotaku sendiri yang memiliki pantai seromantis itu, di pantai kenjeran ini orang-orang juga bisa meluapkan rasa cintanya terhadap sesama di tengah kesibukan sehari-hari.

    Banyak kegiatan romantis yang bisa dilakukan disana, seperti naik perahu berdua ke tengah laut, minum es kelapa muda, menikmati hembusan angin bersama pasangan, semuanya sederhana namun romantis.

    BalasHapus
  21. @Yeniles_
    Bekasi Timur

    Aku menunjuk 2tempat yang menurutku akan menjadi tempat yang romantis untuk berkencan, ya walaupun hanya sebentar. Kedua tempat itu ada di Bali, dan aku memilih kedua tempat itu karena aku menyukai senja.

    - Pantai Balangan. Bukan pantainya yang menjadi spot favorit untuk pacaran tapi didekat pantai ada bukit Balangan. Ujung bukit balangan adalah spot yang PALING favorit untuk berkencan, pemandangan pantai balangan sangat indah dari situ, dan lagi-lagi, indah buat menatap senja.

    - Jembrana. Dari pinggir dek kapal feri yg ada di jembrana tentu kita bisa lihat senja. Senja di jembrana memang menakjubkan. Bagiku dalam melihat senja kita tidak hanya bisa memandang dengan mata terbuka tapi kita juga bisa melukis atau memotretnya. Senja meski tak abadi namun indah meski sesaat.

    Maaf btw, aku jatuh cinta pada senja. Jadi kalo pacaran gitu trs butuh hal romantis kayaknya yg paling romantis itu melihat senja deh. Lagi pula siapa sih yg gak suka senjaaaa????! Heheh

    BalasHapus
  22. @Enythxz
    jogja

    semua tempat di jogja adalah romantis menurut saya pribadi karena disetiap sudut kotanya memperlihatkan eksotisme tersendiri. Ketika sunset dipantai Parangtritis dengan sejuknya angin pantai menerpa wajah dengan menaiki andong ,siluet mataharinya membias bersama air pantai seolah cahaya matahari berkaca-kaca dilautan. Di Malioboro berkeliling menggunakan becak dari sudut ke sudut melihat penjual batik dan pembeli saling tawar menawar atau mendengar gamelan dari sudut jalan memeriahkan suasana . Di Tamansari sebuah kolam dan istana nan elok dikelola dengan baik, arsitekturnya terlihat kental akan budaya pada jaman kerajaan terdahulu dengan kolam air yang jernih membiru, spot yang romantis untuk dinikmati. Dan masih banyak lagi tempat romantisme lainnya di jogja yang tak sempat saya tulis disini. .

    BalasHapus
  23. Twitter : @doscastrida
    Kota : Pontianak
    Jawaban : tempat wisata paling romantis menurutku adalah Pantai Ora yg ada di utara Pulau Seram, Maluku Tengah, tepatnya di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara. Kenapa? Karena Eksotisme dan keindahan Pantai ini  disejajarkan dengan Maldives, jd bisa dibilang Maldivesnya Indonesia juga. Ohya, Salah satu keunikan yang ditawarkan Pantai Ora ini adalah rumah penginapannya yang berbentuk rumah panggung di atas laut. Bisa dibayangin nggak, bangun pagi2 keluar penginapan langsung disuguhin pemandangan laut yang we o we. Selain pemandangan laut lepas, Keindahan ini masih dipadukan dengan pasir putih di sepanjang pantai dan keindahan bawah laut yang dapat dilihat dengan mata telanjang berkat jernihnya perairan Pantai Ora. Suasana pantai yg begitu tenang, jauh dari hiruk-pikuk kota besar dan yang terdengar hanyalah suara deburan ombak menambah suasana romantis makin romantis. Sebagai pecinta pantai, Pantai Ora benar2 buat saya jatuh cintaaaaaa..

    BalasHapus
  24. @salsashf
    Banjarmasin

    Aku setuju dengan kalimat, “Setiap sudut kota Jogja itu romantis.” Dan menurutku, dari semua tempat yang pernah kukunjungi pilihanku jatuh kepada Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. Di sana kita bisa bermain sepeda atau naik kereta yang dipenuhi lampu-lampu hias bersama pasangan. Kita bisa berkeliling alun-alun sambil mengobrol tentang apa saja, berbagi cerita satu sama lain di tengah dinginnya malam.

    Di sana pula kita bisa mengajak pasangan mencoba permainan Masangin. Permainan unik di mana seseorang harus melalui celah antara dua pohon yang dikenal sebagai beringin kembar di tengah alun-alun dengan menutup kedua mata. Aku sendiri pernah melihat kedua orangtuaku melakukan permainan itu. Sangat manis. Saat itu mama yang bermain, sedang bapak mengikuti ke mana mama melangkah sambil memegangi tangannya dan sesekali menertawakan mama yang semakin kehilangan arah–bukannya mendekati pohon malah menjauhi, ck.

    Di penghujung malam, kita bisa menghabiskan waktu dengan bersantai untuk menikmati berbagai kuliner yang berjajar di pinggir lapangan alun-alun. Romantis yang cukup sederhana memang, hanya bermodal bangku lesehan ditemani suara khas seniman-seniman kota Jogja. Tapi, semua yang sederhana apabila dilakukan dengan orang tercinta pasti terasa istimewa, ‘kan?

    BalasHapus
  25. @hensus91
    Pati - Jawa Tengah

    Berhubung belum pernah travelling ke mana-mana selain Bali pas study tour SMA, jadi aku tahu tempat-tempat romantis di Indonesia berdasarkan browsing ubek-ubek Mbah Google. Dan setelah lupa waktu karena keasikan akhirnya aku jatuh cinta pada Pulau Moyo di NTB. Dengan pasir putih, deburan ombak pantai dan pegunungan yang menjadi perpaduan sempurna menurutku. Apalagi pulau ini tidak ramai, sunyi, jadi makin pas untuk suasana romantis dengan menginap di salah satu cottage mungilnya.

    Sepertinya kalau berkesempatan Pulau Moyo masuk deretan atas list tempat wisata tujuanku :D

    Demikian dan terima kasih :)

    BalasHapus
  26. @keyminoz
    Gresik-Jatim

    Menurutku Pulau Bawean. Pulau ini masuk dalam wilayah kabupaten Gresik. Jaraknya sekitar 120 km dari pusat kota Gresik. Pantai-pantainya masih belum terjamah oleh wisatawan, masih eksotis, bersih dan bisa jadi kalau aku & pasangan kesana jadi satu-satunya wisatawan yang datang saat itu heheh. Kalau ngajak pasangan aku pengenya ke pulau gili, pulau kecil di sekitar pulau bawean. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih dengan pemandangan sunset dan sunrise yang menawan. Udah romantis pokoknya kalau menghabiskan sore di pulau gili sambil menikmati ikan bakar tangkapan nelayan sekitar, ngobrol berdua. heheh

    BalasHapus
  27. @lailiyah_anis
    Gresik, Jawa Timur

    Kulon Progo, Yogyakarta.
    Tempat yang sangat romantis, setidaknya menurut saya. Meskipun tidak setenar Bali, namun Kulon Progo adalah surga tersembunyi yang menyimpan sejuta keindahan yang wajib untuk dieksplor lebih dalam lagi. Lagipula, untuk menciptakan suasana yang romantis tidak melulu harus datang ke tempat-tempat yang sudah terkenal keromantisannya, namun lebih ke bagaimana cara kita membangun keakraban dengan pasangan kita untuk menciptakan suasana yang romantis.

    Alasan pribadi saya ingin menikmati keindahan Kulon Progo sebenarnya berawal dari membaca cerita silat Api di Bukit Menoreh karya S.H. Mintardja yang mengambil setting di Tanah Perdikan Menoreh yang saat ini masuk wilayah Kulon Progo, meskipun dalam cerita ini S.H. Mintardja tidak terlalu menonjolkan keindahan Pegunungan Menoreh namun beliau berhasil menghidupkan suasana asri dan damai khas pegunungan yang sangat terasa oleh saya sebagai pembaca, apalagi Tanah Perdikan Menoreh ini menjadi saksi hangatnya kisah cinta Agung Sedayu dan Sekar Mirah (dua lakon utama dalam cerita silat ini) karena itulah saya memasukkan Kulon Progo dalam daftar tempat romantis yang wajib saya kunjungi bersama pasangan saya nantinya.

    Pegunungan Menoreh yang membentang dari wilayah Purworejo dan Magelang di Jawa Tengah hingga Kulon Progo di Yogyakarta, tentunya menjadi daya tarik utama dari Kulon Progo ini, jika saya berkunjung kesana suatu hari nanti saya ingin mengawali hari saya dengan melihat matahari
    terbit di Puncak Suroloyo yang merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Menoreh, dari gardu pandang yang berada di ketinggian 1.019 mdpl, kita tidak hanya disuguhi sunrise yang sangat mempesona namun juga bisa memandang empat gunung besar di Jawa sekaligus yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro serta Candi Borobudur yang berdiri megah di kejauhan
    dengan kabut-kabut tipis yang menyelimutinya. Untuk mencapai Puncak Suroloyo bukannya tanpa usaha, kita harus mendaki 290 anak tangga, namun saya rasa hal ini tidak menjadi masalah yang besar jika mendakinya bersama pasangan yang kita sayangi. Bergandengan tangan menuju puncak untuk melihat sunrise. Romantis bukan? Ibarat dalam membangun suatu hubungan terkadang kita harus melewati jalan-jalan terjal untuk mencapai kebahagian pada akhirnya.
    Selesai dari puncak Suroloyo kita bisa menikmati panorama alam yang luar biasa indah dari hijaunya hutan-hutan di Pegunungan Menoreh, juga cantiknya bunga-bunga liar yang tumbuh di mana-mana, lagipula saya juga ingin membuktikan apakah suasana sejuk, asri, dan damai yang
    digambarkan S.H. Mintardja dalam cerita silatnya itu benar adanya atau hanya rekaan beliau semata. Jadi, untuk membuktikannya saya ingin berkuda melewati jalan-jalan yang indah di Pegunungan Menoreh bersama pasangan saya nantinya biar seperti Agung Sedayu dan Sekar Mirah, hehe, tapi naik kudanya sendiri-sendiri bukan satu kuda dinaiki berdua, terlalu berat jika dibawa di daerah pegunungan dan terlalu lebay juga menurut saya, hehe.
    Ups, sudah ke Puncak Suroloyo dan menikmati panorama alam di Pegunungan Menoreh, jangan sampai lupa untuk mampir ke Kebun The Nglinggo yang berada di ketinggian 800 mdpl, satu-satunya kebun teh di Yogyakarta, sangat sangat cantik, hanya itu yang bisa saya katakan.

    [LANJUT KE BAWAH]

    BalasHapus
  28. [LANJUTAN DARI ATAS]

    Jika sore sudah mulai menyapa, segeralah pergi ke Hutan Wisata Kalibiru, ada satu spot di sana yang sangat unik dan sedang naik daun akhir-akhir ini, yakni menara pandang Kalibiru, semacam rumah pohon namun tanpa atap hanya berupa platform kayu yang diletakkan di antara ranting-ranting pohon pinus yang tumbuh di sana. Sembari menunggu senja, para wisatawan bisa mencoba berbagai macam fasilitas di Kalibiru seperti high ropes game yang berisi permainan-permainan yang memacu adrenalin, juga bagi yang suka menjelajah bisa mencoba jalur trekking yang sudah disediakan pihak pengelola Hutan Wisata Kalibiru. Apabila senja sudah mulai membayang maka Kalibiru akan berubah menjadi tempat yang sangat romantis, dari menara pandang dengan ketinggian 450 mdpl, kita bisa melihat lanskap Pegunungan Menoreh yang semula berupa hamparan pepohonan hijau akan digulung sedikit demi sedikit oleh warna lembayung khas senja, untuk kemudian akan hilang digantikan oleh gelapnya malam, begitu pula Waduk Sermo di kejauhan yang terlihat seperti danau sungguhan, semburat senja akan membuat airnya berkilau keemasan. Eksotis!
    Dan tentunya, jangan lupa untuk berselfie ria di menara pandang Kalibiru ini, karena spot ini sedang menjadi trending spot di instagram.

    Sudah menikmati sunrise yang mempesona di Puncak Suroloyo, senja yang eksotis di Kalibiru, sekarang saatnya menikmati sunset yang romantis di Pantai Glagah. Yup, Pantai Glagah. Menjelajahi Kulon Progo, rasanya belum lengkap jika belum mampir ke Pantai Glagah yang menjadi primadonanya Kulon Progo, dan juga salah satu pantai terindah di Yogyakarta. Pantai Glagah ini dikenal memiliki laguna yang luas dan indah. Di laguna ini beragam wisata air bisa
    dicoba oleh para wisatawan, mulai dari perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang akan membawa para wisatawan berputar mengelilingi laguna. Apalagi kalau berkeliling lagunanya bareng someone special, pasti rasanya udah keliling dunia pake cinta, hehe. Selain terkenal dengan lagunanya, Pantai Glagah juga terkenal dengan tetrapod-tetrapod unik yang ada di sepanjang kanan dan kiri dermaga yang dibangun di kawasan pantai, tetrapod itu sendiri berfungsi sebagai pemecah ombak dan juga bisa dialih fungsikan menjadi tempat memancing bagi para pengunjung. Selain itu, tidak jauh dari Pantai Glagah juga terdapat Agrowisata Kusumo Wanadri, di perkebunan tersebut pengunjung bisa ikut serta petani memanen aneka buah-buahan seperti naga, melon, dan semangka, untuk kemudian membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Dan puncaknya adalah sunset di Pantai Glagah yang merupakan salah satu destinasi favorit di Yogyakarta untuk menikmati proses tenggelamnya matahari. Duduk di atas pasir besi hitam bersama orang tersayang, sembari menyandarkan kepala di bahunya, kemudian menikmati indahnya sang surya yang mulai menyentuh cakrawala sedikit demi sedikit, semakin ke bawah, ke bawah, dan menghilang. Sempurna!

    Sebenarnya masih banyak tempat-tempat menarik di Kulon Progo yang sangat sayang untuk dilewatkan, namun tentunya tidak bisa saya ceritakan satu persatu di sini, ini saja coretannya sudah panjang sekali, maafkan ya kak.
    Terimakasih banyak :)

    BalasHapus
  29. Nita /@xtheicequeenx
    Samosir
    jawaban : Pantai Bali lestari, Perbaungan sumatra utara. Pantai ini dilengkapi pemandangan pantai yang indah dan beberapa tempat romantis disekitarnya, Romance beach lengkap dengan nuansa romantis, trus ada juga payung yang banyak bertebaran diudara dipercaya bahwa pasangan yang berada di bawahnya akan langgeng, karna dipayungi oleh cinta.

    BalasHapus
  30. Markhamah
    @ivedvedi
    Kediri, Jawa Timur.

    Bagi saya, Tempat paling romantis di Indonesia yang paling wajib dikunjungi bareng doi. itu nggak ada.
    Tempat wisata di Indonesia , menurut pandangan saya. semuanya itu indah, apalagi kalau perginya bareng keluarga ataupun pasangan tercinta. Dimanapun , siapapun. asalkan berwisata dengan kekasih ataupun keluarga tercinta. Keromantisan pun tercipta. ini bukan soal tempatnya, keindahannya . dimana. Tetapi soal bagaimna kita merasakan dengan orang tercinta......
    So, Tempat wisata yang paling wajib dikunjungi yang ada di Indonesia itu y dihati. Dimana indra perasaan tercipta, merasakan apa itu yang namanya cinta ? yang namanya keromantisan ? yang namanya keindahan ?
    C i n t a.....
    Bukan di Pulau Bali yang ada di Bali, atau Raja Ampat......, tetapi Hati......

    BalasHapus
  31. @RaaChoco
    Purwakarta


    Gunung Prau, Wonosobo.

    Sebenarnya dimana pun tempat tersebut, selama perginya bersama orang tercinta, pasti romantis. Hanya saja, kadang suasana menambah nilai keromantisan hal tersebut. Misalnya, makan bersama di atap gedung yang dibuat sebagai kejutan sambil menyaksikan matahari terbenam, atau menyaksikan banyaknya bintang pada malam hari dari atas bukit sambil tiduran di atas hamparan rumput, menurutku sangat romantis.

    Tapi jika harus memilih salah satu tempat wisata di Indonesia, aku pilih gunung Prau, Wonosobo. Dengan waktu perjalanan 2-3 jam, aku ingin menempuhnya pada waktu menjelang shubuh untuk berburu matahari terbit. Mendaki bersama orang tercinta tentu saja tidak akan terasa. Semuanya terbayar sudah saat menyaksikan sunrise, siluet keemasannya yang cantik terlihat jelas dari atas sana.

    Dari puncak Gunung Prau ada pemandangan indah lainnya selain sunrise, yaitu puncak Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di Yogyakarta terlihat jelas dari puncak Gunung Prau. Ada awan tebal yang menyelimuti keempat lereng gunung. Jadi berasa di atas awan.

    Berdiri a la film Titanic sambil berpelukan atau berangkulan, ditemani secangkir kopi atau coklat panas, sambil menikmati matahari terbit setelah lelah mendaki, menurutku ini merupakan hal yang sangat romantis dan memorable.

    #semoga kesampaian, impian banget naik gunung :D

    BalasHapus
  32. Twitter : @ratnaShinju2chi
    Kota : Jepara

    Alor, NTT. Tempatnya memang agat terpencil dari pulau yang lain. Namun Alor memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Baik dari pemandangan darat pun laut yang sangat memukai. Jadi tempat ini sangat recomended untuk dijadian temapat wisata romantis bersama pasangan. Pastinya dengan pasangan yang halal, biar jadi makin manis ketika menapaki hari bersama-sama. :)

    BalasHapus
  33. @DiddySyaputra
    Tembilahan, Riau

    Ada yg tahu tempat tinggal Superman? Yap bener Krypton. Pernah liat secara langsung? Atau ada yg berkeinginan ke sana dalam waktu dekat? Mustahil dong ya, kan tempatnya gak di planet bumi. Eits, jangan langsung nge-judge begitu, ternyata eh ternyata Krypton juga ada di planet bumi dan lagi mengejutkannya letak keberadaannya di Indonesia lho. Nah, penasaran kan? Yuk silakan intip ke daerah Lombok, di sini terdapat hamparan Pantai Semeti yang menurut sebagian traveler mirip dengan tempat kelahiran tokoh superhero yaitu Superman. Dikatakan pantai krypton karena terdapat gugusan batu yang menyerupai kristal dari Planet Krypton. Bisa dibayangin kan gimana romantisnya berlarian d pantai ini, pastinya kamu di sini bakalan berasa jadi sosok superhero bagi sang pujaan. Romantisnya gak tertandingi deh. Pasti. ;D

    BalasHapus
  34. @amifamia
    Bangkalan
    jawaban:

    pantai Pink, Flores
    Tau pulau komodo? pulau komodo hanya ada di Indonesia lho... pulau komodo terletak di kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. di sana trrdapat banyak komodo berkembang biak dengan baik. selain banyak komodo, di sana juga terdapat pantai pink, kenapa diberi nama pantai pink? itu karena pasirnya berwarna pink. warna pink pada pasirnya bisa terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut. biasanya Cinta itu identik dengan warna pink, jadi orang yang sedang jatuh cinta akan lebih romantis apabila ada di pantai pink sambil menikmati indahnya ciptaan tuhan dengan melihat luas dan indahnya pantai pink.

    BalasHapus
  35. @firdausya27
    Jombang,Jawa Timur

    Sebenernya di Indonesia punya banyak tempat destinasi yang sangatlah bagus, namun banyak orang yang belum tahu tentang tempat itu. Menurutku tempat destinasi yg patut dikunjungi adalah Yogyakarta. Ternyata di Jogja punya banyak tempat destinasi yang bagus dan masih asri, salah satunya Istana Ratu Boko. Pasti yang udah nonton AADC 2 jelas udah pada tau nih :D. Istana Ratu Boko adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja, jadi bisa dibayangin dong gimana pemandangan sunsetnyaa? Lihat sunset gak harus di pantai kok. Berada di Jalan Solo Km 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, istana yang luasnya 250 ribu meter persegi ini akan menyuguhkan berbagai situs bersejarah seperti gapura utama, candi pembakaran, lapangan, pendopo hingga goa. Nggak hanya Istana Ratu Boko aja, masih ada Rumah Doa Bukit Rhema jadi saksi perbincangan serius Cinta dan Rangga setelah berpisah selama 14 tahun. Gereja yang berbentuk ayam ini terletak di Dusun Gombong. Kalian bisa naik ke atap gereja ini dan akan nampak pemandangan yang serba hijau dan udara yg sangat segar dari atas gereja. Ada lagi yaitu Punthuk Setumbu yaitu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang megahnya Candi Borobudur. Sebenernya masih banyak lagi tempat destinasi di Indonesia, tapi bagiku 3 tempat itu yang paling favorit dihatiku apalagi ditemani dengan pasangan kita masing2 berasa dunia milik berdua wkwk :D Sekian, terimakasih :)

    BalasHapus
  36. Fatoni Prabowo Habibi
    Kota Pekalongan, jawa Tengah

    menurutku, gimana kalo Labuan Bajo, NTT. bejibun tempat dan aktivitas liburan yang dijamin romantis. Ada bukit cinta, tempat seru ngeliat sunrise sunset. Puas di daratan kita bisa berlayar disekitar kota kecil ini naik perahu. Hmm bisa dibayangin romantis deh duduk di dek kapal, ngobrol sambil sesekali jepret foto bareng. Berjarak 15 km dari labuan bajo, ada sebuah pulau bernama kanawa. Luasnya memang hanya 32 hentar tapi jangan salah pemandangan di darat dan bawah lautnya memanjakan mata dan ga akan terlupakan deh. Ada juga pulau lainnya seperti pulau padar yang ngga kalah buat snorkeling juga diving. Apalagi pemandangan perbukitannya indah banget. Banyak juga lho yang memanfaatkan latar pantai dan bukit ini sebagai lokasi pre-wedding. pantai yang putih indah, laut yang jernih, masih jarang ada penduduk memang menjadi dambaan orang-orang kota yang hidupnya penuh hiruk pikuk. Pantai pink bisa menjadi pelengkap di labuan bajo. Pantai yang memang pasirnya menyerupai pink ini jadi daya tarik tersendiri. Jangan lewatin nuansa pink dan pemandangan yang sudah bisa dipastikan indah.

    BalasHapus
  37. @daisy_skys
    Semarang

    Dieng .
    Ada yang bilang Dieng adalah Eropanya Indonesia .Tempat persemayaman peri seperti di dongeng .Aku ingin sekali ke sana pergi ke desa tertinggi di pulai jawa dan melihat sun rise . Setting Dieng menurutku juga sangat romantis .Apalagi aku juga masih tinggal di Jawa Tengah .Masa belum pernah ke Dieng .

    BalasHapus
  38. @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Nggak usah jauh-jauh deh, maunya nyebrang ke pulau Nusa Penida. Sekalian ke Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan aja deh. Deket banget, nggak lama di perjalanan dan biaya akomodasinya juga jadi lebih hemat. Disana ada banyak pantai yang eksotik yang masih asri dan menarik banget buat di eksplor. Misalnya Pantai Pasih Uug, Pantai Atuh, Crystal Bay. Viewnya aduhaai! Kalau mau menyelam juga ada spot menarik. Romantis banget kalau bisa menghabiskan banyak waktu disana bersama orang-orang tercinta.

    BalasHapus
  39. Akun twitter : @iry3424
    Kota : TubanTempat Romantis di Indonesia?
    Hahaha 😅 sebenarnya buanyak banget tempat romantis di indonesia itu. Dan tinggal pilih aja mau romantis yang kayak gimana.
    Kalau menurutku tempat romantis di Indonesia adalah masjid Baiturrahman, ya masjid Baiturrahman. Kenapa aku memilihnya? Karena disitulah Allah melimpahkan kasih sayang, kasih sayang yang teramat dalam pada manusia. Ingat kejadian tsunami aceh? Lah dari sekian banyak bangunan yang ada di aceh, yang selamat dari tsunami besar itu hanya masjid Baiturrahman. Itulah tanda bahwa allah sangat melimpahkan kasih sayang nya pada kita. Tapi masjid ini bukan tempat wisata bagi yang kekinian, masjid ini tempat wisata bagi para orang yang ingin mengharap ridho allah, dan para seseorang yang sedang berjihad di jalan allah.
    Dan aku punya keinginan bahwa jika aku telah dewasa nanti, aku ingin ijab kobulku dilaksanakan di masjid baiturrahman, karena disana insyaAllah kita dapat kasih sayang Allah yang melimpah, lah jika kita mendapatkanya, maka dengan mudah kita menjalani kehidupan rumah tangga. Tanpa ada cekcok dan bisa menghabiskan sisa hidup dengan keromantisan lainya. Dan mengunjungi tempat romantis lainya *duh kenapa jadi curhat 😅🔫

    BalasHapus
  40. @LelyNurvita
    Medan

    Menurutku, tempat wisata yang paling romantis di Indonesia adalah Pulau Bintan. Dengan menghabiskan waktu bersama pasangan di berbagai resort eksotis yang tersebar di sepanjang pulau, ditambah lagi keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Dan yang paling penting adalah pantai, bersama pasangan berjalan menyusuri pantai berpasir putih dengan air yang sangat jernih. Berdua menikmati sunset ditemani deburan ombak, so sweet. Benar-benar romantis deh. :)

    BalasHapus
  41. @She_Spica
    Bekasi

    Dari dlu bercita2 pingiiin pake banget diving bersama orang terkasih di Raja Ampat, Papua. Surga bawah laut terindah di dunia. Dan bahkan smpai dijuluki Surga yg Hilang saking sedikitnya pengunjung dan sedikitnya yg tahu tntang tempat itu. Entah kalau masa kini.
    Aku udh searching tempat itu lama sekali, dan pernah sampai terbawa mimpi. Pertanyaan kuis ini sebenarnya menyadarkan kembali ingatan saya akan tempat yg pingin banget saya kunjungi dgn orang yg kucintai nanti.
    Terkabul atau tidak, Amiiiin saja.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  42. @ccchhy
    Palembang

    Gunung Semeru, di tanjakan cintanya itu lho. Mitos mengatakan, jalanlah ke atas tanjakan itu tanpa menoleh ke belakang. Jadi kalau bener-bener cinta sama si pasangan, silakan buktikan cinta di sana. Sounds strange, but still unique. Kalau sampe noleh, ya gagal artinya ehehe. Pemandangan di sana juga bagus, indah, apalagi kalo nanjak bareng pasangan, saling jaga dan gandengan tangan, sama-sama nggak mau terpisah. Di sana juga ada danaunya, bisa nyemplung berenang, seger ehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…