Langsung ke konten utama

Ulasan Novel Lost and Found (Fanny Hartanti)


SINOPSIS

Rachel tak sengaja meninggalkan organizer-nya di taksi, padahal di dalamnya berisi paspor, SIM, dan KTP. Akibatnya dia batal melakukan liputan ke Singapura dan terpaksa merelakan rivalnya, Amy, bertugas menggantikannya.

Andy menemukan organizer tersebut, tapi kesalahpahaman terjadi sehingga dia tidak pernah mengembalikan benda itu pada Rachel.

Takdir mempertemukan Andy dengan Rachel dan cinta pun tumbuh. Namun, rahasia dan luka masa lalu menghalangi kebersamaan mereka. Apakah cinta cukup untuk mengisi apa yang pernah hilang dalam hidup mereka?

REVIEW

Novel ini menceritakan kisah wanita karir yang bekerja di majalah Posh, sebuah majalah lifestyle di ibukota. Wanita itu bernama Rachel. Dia memiliki karakter yang selalu ceria, pekerja keras, dan tentu saja tangguh. Sebagai wartawan, dia memang diharuskan memiliki sikap itu. Namun, suatu hari keteledoran membawanya ke malapetaka. Dia meninggalkan organizer pentingnya di taksi saat dia sedang menuju tempat hangout bersama teman-temannya.


Tak disangka dari sana Rachel dihadapkan pada peristiwa-peristiwa menakjubkan yang mengubah hidupnya. Ia dipertemukan dengan Andy, pria baik hati dan juga sangat berprospek menurut Rachel. Segalanya tidak akan sama sesuai prediksi Rachel saat Andy ternyata adalah seseorang yang menemukan organizer itu dan selama ini menyembunyikannya.


Membaca novel ini saya sangat merasa terhibur pasalnya banyak hal yang bisa saya dapat setelah membaca novel ini, maksud saya adalah pesan-pesan yang coba ditawarkan dalam novel sebenarnya sangat bermanfaat.


Yang pertama adalah tentang usaha tidak menyerah dan berusaha menjadi tangguh dalam segala hal. Hal ini dibuktikan dengan kisah Rachel dalam novel ini. Ya, novel ini mengisahkan juga kehidupan Rachel di majalah Posh, perjuangan dia bekerja di sana sangat diuji dengan berbagai hal yang tidak terduga.


Awalnya Rachel ini sempat menyerah dan merasa rapuh, namun dengan wejangan dari atasannya ia berhasil bangkit dari keterpurukan. Hal ini sangat-sangat patut untuk dicontoh oleh pembaca. Bahwa sebenarnya saat ujian datang bertubi-tubi, hanya ada dua pilihan tersedia, menyerah atau bangkit dengan mengambil berbagai pelajaran.


Hal kedua yang bisa menginspirasi adalah tentang memaafkan hal-hal yang masih bisa diberi kesempatan kedua. Seperti dalam novel ini ada banyak karakter-karakternya yang mendapatkan ujian berupa melukai orang-orang di sekitarnya. Lewat novel ini pembaca bisa belajar untuk memaafkan tentu dengan mempraktikannya secara langsung.


Dalam novel ini beberapa karakternya mengalami hal itu dan bisa untuk diberi kesempatan kedua seperti Andy, Ayah Andy, dan Amy, bahkan tokoh utamanya sendiri yaitu Rachel. Semua orang berhak mendapatkan kesempatan kedua dan tentu saja mereka harus membuktikan kepada siapa saja bahwa mereka pantas menjadi manusia yang lebih baik lagi.


Novel ini sangat bisa menghibur pembaca terutama karena hal-hal di atas. Selain itu, novel ini juga sangat page-turning, sang penulis memiliki story-telling yang sangat mumpuni dan mampu membuat target pembacanya mengikuti ceritanya nonstop tanpa jeda, karena gaya penceritaanya mengalir lancar dan enak untuk diikuti.


DATA BUKU

Paperback, 248 pages

Published January 3rd 2017 by Gramedia Pustaka Utama

Original Title

Lost and Found by Fanny Hartanti

ISBN13

9786020327693




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)