Langsung ke konten utama

[Review] Samantha’s Secret by Shandy Tan


Judul: Samantha’s Secret
Penulis: Shandy Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Penyunting: Vera Kresnawati
Terbit: Cetakan Kedua, Agustus 2011
Tebal: 200 Halaman

Novel ini menceritakan Samantha atau Sam yang mendapatkan kemampuan ajaib setelah ia terjatuh dari tangga di rumahnya. Sam suatu hari jatuh dari tangga dan ia bisa melihat makhluk gaib. Hnatu pertama yang ia lihat bernama Raka. Cowok itu tampak aneh karena rambutnya yang seperti mencuat tak sedikit pun basah saat tertimpa hujan. Sam awalnya menyangka bahwa Raka adalah remaja biasa. Ternyata usut punya usut, Raka ternyata sudah meninggal dan Sam amat sangat terkejut dengan hal tersebut. Setelah Raka, Sam bisa melihat Hana dan Tobi. Anehnya, hanya tiga hantu itu yang bisa Sam lihat, ketiganya ternyata memiliki masa lalu kelam.

Raka meninggal karena overdosis obat, ia sangat terbebani dengan banyak tuntutan orangtuanya. Hana bunuh diri karena pacarnya yang seorang pengedar narkoba tertangkap. Sedangkan Tobi menjadi korban tawuran yang jujur saja sangat ia sesasli jika saja ia tak ikut tawuran tersebut. Sam seperti melihat benang merah saat tahu ketiga masa lalu kelam ketiga sahabat hantunya. Apakah Raka, Hana, dan Tobi memiliki alasan sehingga mereka belum pergi kea lam baka? Saat Sam menyadarinya, ia malah punya hasrat memperalat Raka cs untuk membantu misinya sendiri.

Kisah di novel ini sangat untuk karena mengangkat cerita persahabatan anak manusia dengan tiga hantu remaja. Sam berkawan dengan Raka cs dan gadis itu sungguh menikmatinya. Meskipun tokoh-tokoh dalam novel ini hantu, namun tentu saja bukan tema horor yang diangkat, karena memang kisah remaja lah yang coba diramu penulisnya. Hubungan Sam dengan Raka cs semakin berkembang saat Sam memanfaatkan ketiga tema gaibnya itu untuk mencari tahu siapakah sosok yang disukai Albert, sang cowok yang selama ini dipuja-puja Sam. Raka cs memberitahu bahwa Angela yang merupakan sahabat Sam tengah ditaksir Albert. Sam kecewa.

Novel ini pun sangat seru karena membahas permasalahan remaja yang bisa dipetik nilai-nilai positifnya. Latar belakangan kematian ketiga hantu sahabat Sam memberikan pesan sangat penting pada remaja kita untuk menghindari mengonsumsi obat-obatan, pecaran berlebihan, dan tawuran. Hal-hal itu menjadikan novel ini berbobot meskipun novel ini merupakan bacaan konsumsi remaja. Ditengah maraknya novel romantis remaja, novel ini mencoba mengangkat isu-isu yang kerap kali menjadi momok pergaulan kawula muda masa kini yang kadang pergaulannya sungguh sudah sangat bebas, tak trekontrol, dan sangat-sangat tak bermoral.

Novel ini menyajikan sesuatu yang bagus. Sangat patut dibaca terutama oleh kalangan pembaca remaja. Malah, pembaca dewasa pun harus mencicipi novel ini, agar kelak mereka mengerti tingkah pola remaja dan bagaimana cara menghadapi mereka ketika dalam kondisi-kondisi tertentu seperti saat pergaulan mereka mulai tak bisa dikendalikan atau saat mereka tengah dimabuk asmara. Novel ini bisa menjadi wahana untuk mengerti bagaimana kehidupan remaja terpotret dalam salah satu media tulis yaitu sebuah novel remaja penuh amanat.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…