Langsung ke konten utama

[Review] Ingin Lolos Wawancara Kerja? Baca Buku Ini! by James Reed


Judul: Ingin Lolos Wawancara Kerja? Baca Buku Ini!
Penulis: James Reed
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 299 Halaman
Terbit: Maret, 2016
ISBN: 978-602-03-2292-6

Buku ini ditulis oleh James Reed, seorang konsultan recruitment yang sangat terkenal. Perusahaan jasa recruitment yang ia miliki berkembang sangat sukses dan setiap tahunnya menerima lamaran sebanyak 46 juta lamaran. Reed telah sukses mengembangkan bisnisnya dan membantu banyak calon pekerja untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Reed menulis buku ini berdasarkan penelitian yang beberapa tahun terakhir ini ia lakukan. Penelitian seputar wawancara telah ia lakukan secara independen. Reed pikir wawancara kerja adalah salah satu tahap yang harus dilewati seorang pelamar untuk bisa lolos dan bekerja pada posisi yang diinginkan pada sebuah perusahaan. Wawancara kerja menjadi salah satu pintu gerbang untuk mengetahui bagaimana kepribadian sang pelamar, selain itu juga wawancara dimaksudkan untuk mengetahui apakah sang pelamar memiliki kompetensi yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar atau tidak.

Buku ini tersusun dari tujuh bab diantaranya adalah persiapan wawancara kerja, pertanyaan-pertanyaan klasik wawancara, pertanyaan tujuan karier, pertanyaan karakter, pertanyaan kompetensi, pertanyaan tak terduga dan kreativitas, dan kesimpulan akhir.

Bab pertama yaitu persiapan wawancara kerja. Reed menuturkan bahwa banyak hal yang harus dipersiapakan sebelum wawancara kerja. Salah satu hal adalah memahami karakter diri sendiri terlebih dahulu agar pada saat wawancara berjalan lancar. Selain itu Reed menjelasakan bahwa pentingnya pola pikir pelamar yang harus dimiliki yaitu 3G: Global (berorientasi global), Good (kebaikan), dan Grit (kegigihan). (Halaman 18).

Pada bab pertanyaan-pertanyaan klasik wawancara Reed menuturkan bahwa ada lima belas pertanyaan yang biasa diajukan interviewer pada saat wawancara. Hampir lima belas pertanyaan itu memiliki maksud lain ketika diutarakan. Artinya ada arti tersembunyi pada masing-masing pertanyaan. (Halaman 50).

Salah satu dari pertanyaan klasik itu adalah ‘mengapa Anda melamar?’. Makna terselubung dari pertanyaan tersebut adalah apa yang bisa pelamar lakukan dan apakah kompetensinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Reed menjelaskan bahwa ketika pelamar menjawab pertanyaan itu, maka teknik yang bisa digunakan adalah perinci mengenai kompetensi yang pelamar miliki, namun perlu sebut terlebih dahulu kompetensi atau kebutuhan yang perusahaan inginkan. (Halaman 57).

Sedangkan bab ketiga yaitu bab pertanyaan-pertanyaan tujuan karier. Bab ini lebih menjelaskan mengenai bagaimana sang pelamar menggambarkan langkah-langkah ke depan sang pelamar. Misalnya, Reed menjelaskan bahwa pertanyaan-pertanyaan ini jika menyasar lulusan baru adalah untuk mengetahui kesiapan mereka menjejakkan karir dari bawah. Salah satu pertanyaan dalam bab ini ini adalah ‘apa yang memotivasi pelamar?’. Maksud terselubung dari pertanyaan itu adalah apakah sebenarnya pekerjaan yang dilamar pelamar dapat memotivasinya untuk bekerja hebat. (Halaman 95).

Pada bab pertanyaan karakter, pertanyaan kompetensi dan pertanyaan tak terduga dan kreativitas pun Reed memaparkan banyak pertanyaan yang biasanya dilontarkan interviewer. Reed bisa menuturkan semuanya dengan menarik karena disajikan pula dengan trik menjawab dan makna terselubung pertanyaan-pertanyaan yang diajukan itu.

Pada bab kesimpulan akhir Reed masih memberikan beberapa tips terkait wawancara. Bab ini lebih membahas bagaimana seorang pelamar harus bersikap antusias terhadap wawancara yang ia jalani. Terlebih pelamar harus berfokus pada kebutuhan perusahaan, kebutuhan dirinya haruslah dikesampingkan terlebih dahulu. (Halaman 267).


Buku ini sangat cocok untuk para pencari kerja. Bukan hanya fresh graduate tetapi para pekerja dengan level lain pun sangat direkomendasikan untuk membaca buku ini. Reed telah memaparkan wawasan seputar pertanyaan kerja yang laik semua orang baca karena Reed tak hanya menyisipkan trik menjawab, namun ia juga melampirkan makna terselubung setiap pertanyaan wawancara yang kadang menjebak.[] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…