Langsung ke konten utama

[Review] Dirty Little Secret by aliaZalea



Judul: Dirty Little Secret
Penulis: aliaZalea
Penerbit: Gramedia
Terbit: Cetakan Pertama, 2014
Tebal: 336 Halaman
Sampul: Farah Hidayati

Dirty Little Secret menceritakan hubungan asmara antara Ben Barata dan Jana Oetomo. Keduanya adalah sama-sama mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di negeri Paman Sam, tepatnya di daerah Iowa. Keduanya menjalin pertemanan pada awalnya sejak Jana diperkenalkan dengan Ben yang merupakan mahasiswa cukup populer di kampusnya, meskipun ia adalah orang Indonesia yang tengah berkuliah di Amerika, kepribadiannya lah yang membuat semua orang menyukai Ben. Termasuk Jana, gadis itu dibuat luluh oleh Ben, hingga akhirnya keduanya meresmikan diri sebagai sepasang kekasih. Dan hubungan mereka sampai ke taraf sesuatu yang tabu, Jana tak pernah menyangka dirinya akan mengandung benih dari Ben.

Ketika dimintai pertanggungjawaban, Ben malah memilih tindakan pria pengecut. Dia menolak Jana mentah-mentah, bahkan menyuruh perempuan itu untuk menggugurkan kandungannya. Jana tidak bodoh, ia memilih melarikan diri dari kehidupan Ben. Dia memutus semua kontak miliknya agar ia tak perlu lagi menjalin hubungan dengan Ben. Ia merasa kecewa dan sakit hati pada Ben. Hanya sebuah email yang ia terakhir kirimkan pada Ben sebagai pesan pemutus hubungannya dengan Ben. Bahwa Jana memang akan menggugurkan kandungannya. Tentu saja hal tersebut tak ia lakukan. Jana membesarkan anaknya sendiri hingga mereka berumur tujuh tahun. Ya, dia merahasiakan anak kembarnya pada Ben. Sedangkan, Ben di Amerika sana terlunta-lunta tanpa kabar dari Jana, ia sangat tersiksa. Ia menyesali perbuatannya.

Lalu delapan tahun berlalu, Ben dan Jana dipertemukan kembali dalam sebuah acara amal di Jakarta. Siapa sangka keduanya akan saling menyampaikan pesan yang selama ini sangat ingin mereka berdua ucapkan. Namun sebagaimana sebuah kisah, aliaZale sebagai dalang kisah ini tidak akan semudah itu membuat relasi antara Ben dan Jana kembali terhubung dengan mudah. Dendam, rasa sakit hati, rasa kecewa, luka hati, rindu, cinta, semua tertuang dalam novel ini. Sebagai karya ke-6 aliaZalea, novel ini menyuguhkan konflik sangat berat apabila dialami manusia urban masa kini.

Membesarkan akan kembar bukanlah hal mudah apalagi dilakukan hanya seorang diri. Hal inilah yang coba disampaikan penulis lewat beragam pilihan-pilihan yang tokoh Jana lakukan. Ia memerankan sebagai ibu, juga sebagai ayah bagi kedua anak lelaki kembarnya yang sangat rewel, sekaligus cerdas. Sifat-sifat alami anak-anaknya selalu membuatnya terhibur di tengah-tengah beban berat yang ia tanggung sendiri untuk membesarkan mereka secara single tanpa suami.

Sedangkan perihal penyesalan terhadap masa lalu ditanggung seumur hidup oleh Ben, setidaknya selama delapan tahu sejak Jana sudah tidak bisa dihubungi olehnya lagi. Hal ini sungguh membuat dirinya seakan menjadi lelaki paling tidak beruntung di dunia. Begitulah konsekuensinya ketika melakukan tindakan bejat disertai penolakan untuk bertanggung jawab. Hati perempuan manapun pastinya akan patah atas perlakukan Ben yang sungguh pengecut.


Kisah Dirty Little Secret ini sekali lagi mencoba memotret laku dari karakter-karakter urban masa kini yang kadang tak memikirkan segala konsekuensi ketika melakukan hal yang melanggar norma. Ada kalanya, memang hal ini bisa dijadikan pelajaran bagi siapa pun bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik mencoba menata masa depan yang bagus dibanding terus terpuruk dengan kejadian di masa lalu yang terlajur menjadi remuk redam. Dan yang paling penting adalah tidak dianjurkan melakukan hal-hal melanggar norma jika tidak bersedia menanggung akibatnya yang tentu saja sangat merugikan baik di dunia maupun akhirat.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)