Langsung ke konten utama

Resensi Finding You Among the Stars (Novel Teenlit Karya Eka Annisa)


Judul: FINDING YOU AMONG THE STARS
Penulis: Eka Annisa
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 212 Halaman
Sampul: Orkha Creative
Penyunting: M. Aditiyo Haryadi
Terbit: Cetakan Pertama, 2016

“Lo inget kata Tante Fira?
Orang yang meninggal itu gak bener-bener pergi.
Dia hanya berpindah ke lubuk hati lo yang terdalam.
Reo enggak pergi, Nad. Dia tetap hidup di hati lo.” Coca.
FINDING YOU AMONG THE STARS—halaman 112.

Tahun 2016 lalu, GPU merilis dua novel yang berasal dari web GWP. Ada kemiripan di kedua novel itu. Yup sama-sama mengangkat tema tentang bintang. Saya jadi penasaran, ada apa sih tentang bintang? Oh, ternyata setelah saya membaca keduanya, tema bintang ini semacam jadi filosofi di kedua novel itu. Iya sih keduanya berhasil menghidupkan tema itu, yah jadi semacam signature yang ditunjukkan untuk membuat naskahnya sendiri menjadi menarik. Lalu, saya kali ini akan membahas FYATS alias FINDING YOU AMONG THE STARS. By the way, sebelumnya saya udah ngereview naskah bintang yang lainnya di sini.

Jadi FINDING YOU AMONG THE STARS alias FYATS ini ceritanya tentang apa sih? Mengisahkan Nadhira yang berusaha move on setelah ditinggal pergi oleh kekasihnya bernama Reo. Cowoknya itu meninggal setahun lalu karena sebuah insiden tawuran. Sebenarnya bukan tawuran juga sih, cuma ya mengarah ke sana. Kehidupan Nadhira yang dulunya ceria penuh warna, sekarang penuh dengan duka dan kemuraman. Padahal sahabatnya selalu berusaha mendukung dengan menghibur Nadhira.  Bagaimana kisah Nadhira selanjutnya?

Kisahnya sendiri menemui konflik ketika Nadhira bertemu dengan Haykel yang notabene sudah mahasiswa. Si Haykel ini mengingatkan Nadhira kepada Reo. Banyak sekali persamaan antara Haykel dan Reo. Keduanya sering membahas tentang bintang. Ditambah Haykel ini menyukai sosiologi, sama seperti Nadhira. Edgar, yang mana sahabat Reo juga Nadhira, merasa cemburu dengan kedekatan Nadhira dengan Haykel. Ia merasa bahwa Haykel tidak berhak mendekati Nadhira karena Edgar jauh lebih dulu mengenal Nadhira, dan setahun belakangan Edgar berusaha menunjukkan rasa sukanya. Ia sudah lama suka Nadhira, namun ia mengalah demi Reo. Sekarang ia tidak mau mengalah. Bagaimana selanjutnya? Nadhira akan memilih Haykel atau Edgar?

Ceritanya sekilas sedikit klise tentang remaja cewek yang harus memilih salah satu cowok yang sama-sama menyukainya. Tetapi bukan hanya tentang itu kok. Kamu kalau punya kesempatan buat baca, bakal nemu kisah yang sebenarnya dalam di novel FINDING YOU AMONG THE STARS ini. Namun, menurutku sih masih banyak nih kekurangan dalam novel ini. Sebelum ngebahas kekurangannya, saya mau bahas dulu kelebihan-kelebihannya.

Kisahnya itu diceritain lewat gaya penceritaan yang lugas. Yup, penulisnya lihai deh mengisahkan kisah ini lewat gaya yang remaja banget. Meskipun lewat POV satu, kayaknya penulis bisa enak gitu menceritakan novel ini. Terlebih yang saya suka, penulis gak kaku tiap kali nyeritain scene-scene yang penting. Suara Nadhira sangat terdengar sebagai sosok yang rapuh, perjuangannya buat move on itu sebenarnya perlu diapresiasi banget.

Hal kedua yang aku suka ya tentang misterinya. Bagaimana penulis membuka setiap lapis-lapis teka-teki, lumayan sih buat cerita remaja semacam ini. Penulis pun selalu punya banyak hal yang ingin diceritakan dan selalu punya alasan logis kenapa misteri-misteri itu ditutupi dan kapan harus dibuka pelan-pelan. Dan hal itu berpotensi memberi efek kejut bagi pembaca (duh ini ngopi bahasa penulis lho, ‘efek kejut’).

Terus kekurangannya apa? Pertama adalah perasaan Nadhira yang kurang kesedihannya diceritakan di novel ini. Mungkin hal ini terjadi karena udah lama juga ya pacar Nadhira itu meninggal, setahun lalu. Jadi kurang nyampe saja perasaan sedih Nadhira di benak saya (gak tahu deh di benak pembaca lainnya). Hal kedua adalah plin-plannya Nadhira ini bikin gak masuk akal. Ya, itu menurut saya aja sih, gak tau menurut pembaca lainnya. Jadi nanti kalau kamu baca novel ini, kamu bakal tahu deh, kalau saya kasih tahu nantinya bakal gak seru.

Overall, dengan kesederhanaan tema dan gaya penceritaan yang enak, novel ini aku rekomendasikan buat kamu baca. Meskipun begitu filosofi bintangnya emang gak sedalem Starlight, namun cerita romancenya lumayan dapet kok. So, mau baca? Buruan bisa pesan lewat tokbuk daring atau bisa juga di Scoop.[]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

[Review] Antologi Rasa by Ika Natassa