Langsung ke konten utama

[Review] Pertarungan Dinosurus Terdahsyat by Choi Yoo Seong



Judul: Pertarungan Dinosurus Terdahsyat
Penulis: Choi Yoo Seong
Penerjemah: Tim Gramedia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 120 Halaman
Terbit: Agustus, 2016

Buku terjemahan karya Choi Yoo Seong ini menampilkan fakta-fakta unik seputar dinosurus. Penulis sengaja menampilkan fakta-fakta tersebut dalam buku bergambar yang disajikan unik. Mengapa demikian? Karena fakta-fakta seputar dinosurus dalam buku ini ditampilkan berpasang-pasangan sebagai lawan satu sama lain. Artinya dalam satu layout, terdapat gambar dua dinosurus yang tengah bertarung. Ini sangat unik karena biasanya buku bergambar disajikan monoton meskipun disediakan gambar-gambar menarik untuk pembaca anak. Di dalam buku ini ‘formula’ yang digunakan penulis sungguhlah berbeda dan diharapakan menarik pembaca anak.

Banyak fakta-fakta unik disampaikan dalam buku ini. Bab pertama membahas tentang dinosaurus-dinosurus terkuat setiap benua. Misalnya, di Asia, dinosurus terkuat adalah Tarbosaurus dengan panjang hampir 14 meter dan berat 6 ton. Di layout ini, dinosurus tersebut ditampilkan melawan Gigantoraptor. Ia adalah spesies raptor terbesar di Asia bahkan di seluruh dunia dengan berat 1,4 ton dan panjang 8 meter. Tentu dalam layout ini, Tarbosaurus ditampilkan sebagai pemenang telak. Sedangkan, di benua-benua lainnya, di Eropa yang terkuat adalah Megalosurus, lalu di Oceania & Antartika adalah Allosaurus. Kemudian di Afrika adalah Spinosaurus (dinosaurus seperti buaya), lalu menyusul di Amerika Utara adalah Tyrannosaurus Rex dan Amerika Selatan adalah Gigantosaurus. Tentu pemenang unggulan dari semua ialah spesies Tyrannosaurus Rex.

Selain itu, pada bab selanjutnya dijelaskan mengenai dinosaurus-dinosaurus yang menempati posisi puncak dalam beberapa kategori. Di antaranya adalah dinosurus tercepat, terbaik di udara, terkuat, bahkan dinosurus perampok terhebat pun dijelaskan. Mungkin, masih awam di benak pembaca tentang dinosurus perampok. Namun, hal tersebut adalah sekawanan dinosurus tipe rex yang biasanya dalam berburu selalu bergerombol. Mereka terkenal sebagai pemangsa daging alias karnivora. Mereka dengan tubuh sedangnya selalu tampak menyeramkan karena agresif. Meskipun begitu, dinosurus terkuat jatuh pada kategori herbivora yaitu Argentinosurus dan Futalognkosaurus. Mereka bisa berumur ratusan tahun dan tentu saja mampu beradaptasi lebih lama karena mereka bukan petarung. Rata-rata berat mereka 100 ton & panjangnya mencapai 35-40 meter. Dengan keistimewaannya mereka disebut terkuat.


Buku ini direkomendasikan untuk pencinta dinosurus. Terutama bagi kalangan anak-anak, buku ini bisa menjadi media belajar yang mengasyikkan. Gambar-gambar dan fakta-fakta yang disajikan pun menarik dan tidak membosankan. Dan tentu saja bonus kartu permainan dinosurus di buku semakin membuatnya laik untuk dikoleksi.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)