Langsung ke konten utama

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu


Judul: Rahasia Tergelap
Penulis: Lexie Xu
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan Pertama, Juli 2016
Tebal: 304 Halaman
Sampul: Orkha Creative
Genre: Young Adult (Novel Remaja)
Harga: Rp62.000,-

Sebuah novel yang mendebarkan. Itulah kesanku setelah membaca novel terbaru karya Lexie Xu. Ini adalah kali pertama aku membaca novelnya berjudul Rahasia Tergelap. Dan aku langsung terperangah. Novel ini sungguh penuh dengan rahasia. Ceritanya menurutku mampu bikin pembaca begidik-ngeri-maksimal-banget.

Novelnya sendiri dibuka dengan narasi dari Ella. Dia stres berat berhubung kehidupannya akhir-akhir ini sangat memilukan. Dari mulai pacarnya Andrew yang berselingkuh saat liburan kuliah, plus teman-temannya mengkhianatinya. Terutama Bea (teman gengnya) yang jelas-jelas merahasiakan perayaan pesta ulang tahunnya sendiri dan malah mengakrabi geng cewek-cewek yang selama ini selalu memandang Ella rendah. Keputusan Ella selanjutnya menjatuhkan diri dari ketinggian puluhan meter dari atap gedung lantai tiga fakultas ekonomi kampusnya. Tragis! Lalu cerita bergulir ke cerita seminggu sebelum tragedi yang menimpa Ella.

Giselle dikejutkan dengan kabar Merly yang tewas karena bunuh diri sebab menjatuhkan diri dari atap gedung lantai tiga fakultas ekonomi. Berita ini sungguh mengagetkan karena Merly dikenal tidak memiliki masalah dengan siapa pun. Gadis itu dikenal selalu nemplok sana nemplok sini, bergabung dengan geng satu ke geng lainnya. Namun, tidak ada yang mau berteman dengannya. Giselle dan teman-temannya merasa aneh dengan kondisi ini. Giselle, Ella, Bea, Paulin, dan Delilah coba menelusuri kasus janggal ini, mereka merasa sangat bersimpati atas tragedi ini. Tak disangka Daryl dan gengnya pun turut membantu. Mereka mahasiswa-mahasiswa populer dari club futsal kampus. Daryl, Justin, Dante, Josh, Hyuga, dan Grey mampu meringankan beban penyilidikan kasus ini.

Kedua genk itu menyelidiki kasus tersebut. Namun, Ella secara tak diduga menjadi korban kedua. Dia dikabarkan bunuh diri. Petunjuk-petunjuk menggambarkan bahwa Ella dibunuh! Erika Guruh yang semula dimintai bantuan hanya untuk meng-hack ponsel Merly akhirnya ikut campur lebih dalam pada kasus serupa. Saat tertuduh makin menjurus ke beberapa nama, siapa sangka Giselle akan menjadi target berikutnya? Selanjutnya Bea, Delilah, bahkan Paulin. Siapa sebenarnya sang pembunuh keji itu?

Novel ini harus aku bilang keren banget. Gila banget deh cara penulis mengungkap misterinya perlahan-lahan, namun semuanya bisa terasa pas. Harus aku bilang meskipun ini novel misteri, poin yang signifikannya sendiri adalah plotnya yang naik turun plus karakterisasinya yang apik.

Pertama adalah plot. Sang penulis lihai menyajikan rangkaian cerita yang bisa membuat pembaca bertanya-tanya sepanjang halamannya. Namun, pembaca tidak perlu khawatir bosan berlarut-larut karena membaca penyelidikan yang intensif di novel ini. Karena kehidupan kampus juga diulik di sini lewat POV Giselle dan POV Daryl. Giselle akan mengajak kita pada hubungannya dengan teman-teman gengnya yang sebenarnya kontras sih masing-masing kepribadian dan background keluarganya. Juga perselisihan geng Giselle dengan geng The Bulliers (Devi, Venita, Felis, Krissy, Maura, plus Amy) yang mana bikin keki abis gara-gara pas ultah Bea, eh nih cewek-cewek malah memojokkan Ella yang tiba-tiba hadir padahal dia gak diundang. Perselisihan cewek-cewek sih yang menurutku gak terlalu drama juga. Tetapi yah hal itu jadi ngasih beberapa dampak ke beberapa karakter. Jadi masalah yang akhirnya bercabang-cabang kompleks.

Hal ini mengingatkan aku sama realita ya. Contohnya di kampusku nih, emang sih mahasiswa-mahasiswa itu ya terkotak-kotak, apalagi di fakultas yang dominan cewek. Di novel ini sih fakultas ekonomi dan jurusan Akuntansi, jadi wajarlah kalau emang hal kayak gitu diangkat. Dan masalah macam perselisihan antar geng emang bakal hadir sih, sangat-sangat berpotensi hadir. Malah ada ya temenku yang gak kuat gara-gara di-bully jadi nekad pindah jurusan. Karena yang namanya tertekan emang bikin stress dong. Apalagi kalau udah punya masalah lain yang bertumpuk-tumpuk, berabe dong.

Perihal penyelidikan kasusnya juga lumayan rapi sih di novel ini. Faktor keberadaan Erika Guruh nih yang amat-sangat-membantu. Juga gimana kedok pelaku dibuka pelan-pelan, sang penulis membuatnya sangat smooth. Aku bisa menikmatinya meskipun hal itu dijabarkan pas setelah halaman seratus kebelakang. Banyak nama-nama yang aku pikir jadi pelakunya dan sangat berpotensi. Eh ternyata aku kecele karena emang pelakunya unpredictable banget ditambah motif pembunuhannya keji banget deh tingkat kejahatan internasional itu sih, ckckc …

Lalu karakterisasi per tokohnya ya cukup kuat menurutku. Giselle digambarkan sebagai cewek yang coba peduli pada teman-temannya. Dia kurang peka sih sebenernya dengan perasaan sahabat-sahabatnya ketika ketimpa masalah. Namun pas udah mulai banyak tragedi terjadi, mulai deh rasa simpatinya kambuh. Teman-temannya pun begitu. Juga Daryl dan kawan-kawannya kompak banget deh mereka, ngocol abis, dan mereka kayak stereotip mahasiswa-mahasiswa cowok jaman sekarang yang hobi main futsal (kebetulan itu club mereka), suka ngecengin cewek-cewek, ngelakuin banyak hal bareng (rombongan), positifnya mereka gak perlu ngebully buat tampil keren hehe… Dan yang paling penting cowok-cowok sih jarang baper dan gak suka envy ama sesama temen cowoknya, kebanyakan sih gitu. Sayangnya kehadiran Erika Guruh yang karakternya menonjol bikin dua main character-nya jadi tenggelam nih. Erika emang muncul sebagai resolusi beberapa konflik, yup untung aja porsinya gak banyak benget-banget deh, nanti novel ini jadi Omen series 8 dong, wkwkw …

Pokoknya, kalau kamu doyan novel misteri, baca deh novel ini, dijamin gak bakal nyesel deh. Ceritanya kekinian banget plus yah gaya bahasanya gak kacangan ditambah editingnya bagus karena minim typo tuh. Plus yang paling bikin novel ini super ya misterinya yang gak pasaran. Dijamin deh kamu bakal berdecak kagum pas baca novel ini. Dan tentu aja kamu bakal bilang, “Mana nih  sekuelnya?” Sssst, novel ini bakal ada lanjutannya lho. Selamat menunggu!


Komentar

  1. jadi pengen baca nih buku barunyaaa Lexie

    BalasHapus
  2. jadi tertarik buat baca novel ini

    BalasHapus
  3. Keren bnget .
    Omen,obsesi,rahasia trgelap gk bakaln nyesel dehc beli buku ini..
    Mudah-mudahan rahasia tergelap series #2 nya cpt terbit .
    Gue udh kngn bnget sm erika guruh/hacker legendarisđź‘Ź

    BalasHapus
  4. Emang nih kerenn bangettt ya..
    Aku juga penasaran banget sama buku keduanya, semoga makin seru abiss deh dan gak mengecewakann .. Aminnnn..

    BalasHapus
  5. Ini wishlist bangeeet Mas, semoga bs baca secepatnyaa :))

    BalasHapus
  6. Ini wishlist bangeeet Mas, semoga bs baca secepatnyaa :))

    BalasHapus
  7. Semoga bisa segera dibaca ya Bin, aminnnn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Antologi Rasa by Ika Natassa