Langsung ke konten utama

ULASAN THE AMAZING RACE SEASON 25 US VERSION (SEBUAH REVIEW ACARA REALITAS)

 




Salah satu reality tv yang sudah aku tonton bertahun-tahun adalah The Amazing Race. Awalnya saat itu tahun 2016, Global TV Indonesia menampilkan The Amazing Race Asia season 5 di tv saat Minggu pagi. Aku sangat-sangat suka dengan acara ini karena yang mereka jual adalah pemandangan. Ya, memang bukan saja tentang itu tapi bagaimana para racer-nya mencoba menaklukan tantangan masing-masing di setiap negara tempat mereka kunjungi.

Mekanisme game seperti ini. Ada 11 tim yang terdiri dari dua orang setiap timnya. Mereka sudah saling kenal alias memiliki hubungan keakraban contoh saudara, sepasang kekasih, keluarga, teman kerja, sahabat, dan lainnya. Mereka harus berlomba balapan dari satu negara ke negara lain. Namun dengan beberapa syarat. Seperti mereka harus menggunakan taksi, lalu mereka harus menyelesaikan tantangan-tantangan tertentu yang harus diselesaikan. Mereka harus menghindari finish di posisi terakhir di setiap leg (balapan di satu negara) karena akan tereliminasi. Jika mereka bisa menjadi juara pertama di balapan leg final, mereka akan mendapatkan hadiah 1 Million dollars (US version) sekitar 10M, kalau The Amazing Race ASIA, mereka mendapatkan 100.000 Dollars (sekitar 1M).

Aku sangat suka saat menonton The Amazing Race ASIA season 5 meskipun endingnya sangat-sangat mengecewakan karena tim yang aku jagokan kalah. Namun, aku mencoba mengerti karena itu adalah sebuah game. Lalu aku menonton Amazing Race US version season 29 yang merupakan salah satu yang terbaik, kalau tidak salah beberapa bulan setelah nonton versi ASIA, kemudian lanjut setiap tahunnya dari season 30,31, dan 32. Sangat-sangat menghibur maka aku pun mencoba menonton season sebelumnya yang sudah ditampilkan di tv yaitu season 28 dan 27.

Itulah sekilas perjalananku menonton The Amazing Race, bahkan sempat aku tonton versi Canada dan Australia juga. Hal yang membuatku bahagia akhir-akhir ini adalah berhasil menyelesaikan nonton The Amazing Race season 25 US version. Aku mencoba menonton season ini karena salah satu yang terbaik dengan cerita racer kuda hitamnya yang mengagumkan.  

Tidak hanya itu, peserta-peserta di season ini pun sangat-sangat kompetitif dan tidak menjengkelkan. Ada Bethany yang merupakan peselancar wanita dengan satu tangan (satu tangannya tidak ada karena digigit hiu). Dia sangat  hebat karena meksipun dengan satu tangan dia mahir menyelesaikan banyak tantangan. Dia mampu mengemudikan sepeda, berenang, dan sebagainya. Orangnya pun sangat sederhana tetapi karismatik. Dia satu tim dengan suaminya Adam yang sangat mencintainya. Mereka baru saja menikah alias pasutri baru. 

Tim-tim perempuan di season ini sangat-sangat menghibur dan kompetitif. Biasanya tim perempuan-perempuan di The Amazing Race mudah tereliminasi karena game show ini sangat-sangat menguras fisik. Namun, di season ini mereka lumayan tangguh seperti Kym dan Alli, mereka adalah atlet balap sepeda yang sangat-sangat atletik, strategis, dan pintar. Mereka beberapa kali menang leg dan bahkan mendapatkan hadiah mobil di salah satu kemenangan mereka. Lupa di leg mana. Pembawaan mereka juga sangat ceria dan sangat-sangat ramah meskipun mereka dijauhi peserta-peserta lain karena kesannya mereka sungguh sangat hebat. Jadi, peserta lainnya berusaha menyingkirkan mereka padahal mereka tidak salah apa-apa.


Kym & Alli


Ada juga Amy dan Maya. Keduanya bukan tim yang mengintimidasi karena tidak terlihat atletik. Namun mereka cukup pintar karena mereka adalah peneliti-peneliti makanan. Mereka selalu finish di posisi hampir buncit namun tidak pernah sampai harus dielimininasi karena biasanya hampir terbawah atau tengah. Mereka punya cerita mengharukan di season ini karena ya mereka memang kuda hitam yang mencoba menang dengan kompetitor-kompetitor kuat yang tampak atletik dan mengintimidasi.


Amy & Maya


Ada juga tim dokter gigi alias Misty dan Jim, juga pegulat yaitu Brooke dan Robbie. Mereka cukup atletik dan sangat-sangat mengintimidasi. terutama tim dokter gigi yang beberapa kali finish di urutan pertama. Meskipun mereka tampak sombong, memang mereka bukan racer yang mudah dikalahkan. Sementara tim pegulat memang lumayan kuat di leg-leg akhir, saat leg-leg awal mereka masih mencoba menemukan ritme dalam setiap balapan. Mereka lumayan lucu sih dan terkesan komedi.

Sedangkan negara-negara yang menjadi lokasi-lokasi balapan di season ini adalah US (tentu saja saat leg final dan leg awal), Inggris, Skotlandia, Swedia, Denmark, Malta, Italia, Morokko, Filipina, dan Singapura. Yang aku suka dari The Amazing Race adalah mereka akan meng-highligt di setiap tantangan tentang budaya atau yang khas dari negara tempat balapan.

Saat menonton, aku tidak hanya menikmati suguhan pemandangan dan racer yang berkompetisi tapi budaya, geografi, dan lain sebagainya yang sangat-sangat menarik. Ya, aku sedikit-sedikit sih mengingat semua info itu karena kadang aku juga tak terlalu fokus dengan semua itu. Tapi lumayan kan ya.

Kalau dari season ini, seperti contohnya aku baru tahu kalau Morokko ada di Afrika, aku kira Asia. Lalu, aku baru tahu tentang Malta yang sangat kecil. Bahkan penduduk negaranya setara dengan jumlah penduduk di kotaku. Salah satu olahraga lokal yang mereka sering lakukan di sana adalah mengambil bendera di ujung bambu yang ditempatkan di pinggir laut, lupa namanya namun itu susah karena kayunya dilumuri minyak, seringnya peserta jatuh ke laut. Juga, tentang transportasi lokal di Filipina yang terkenal yaitu Jeepney, aku kira tuk-tuk juga namanya. Dan banyak hal lainnya yang aku tak bisa sebut satu-satu.

Intinya, The Amazing Race ini sangat-sangat aku rekomendasikan untuk ditonton. Saking sukanya aku seperti ingin menonton semua season dari semua versinya karena ada banyak lagi seperti The Amazing Race versi China, Israel, Vietnam, dll. Bahkan aku juga bermimpi ingin menjadi salah satu pesertanya, namun aku ragu karena aku tidak bisa nyetir mobil,  lagian aku tidak pandai melakukan banyak hal. Bisa jadi aku akan langsung tereliminasi. The Amazing Race memang sangat layak ditonton. The Amazing Race  US version ini aku rate 9/10 soalnya bagus banget! Mantap deh!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)