Langsung ke konten utama

Resensi Novel On My Way to Love karya Vinnova



Judul: ON MY WAY TO LOVE
Penulis: Vinnova
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 216 halaman
Terbit: Mei, 2017
Sampul: Robby Garsia
Editor: Irna Permanasari

Kisah novel ON MY WAY TO LOVE bercerita tentang Lee Young Dae yang baru saja pulang dari New York. Lee Young Dae kini menetap di Korea. Saat baru saja ia menginjakkan kakinya di negeri ginseng itu, ibunya memberikan kejutan dengan membiarkan seorang gadis tinggal bersama dengan Young Dae di apartemen milik keluarganya.

Ya, Young Dae harus tinggal denga Gi Ha untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya. Tentu Young Dae merasa frustrasi karena Gi Ha adalah orang asing yang menyebalkan menurut Young Dae.

Ternyata, setelah mendapatkan informasi dari sana-sini, Young Dae sadar kalau Gi Ha ternyata dijodohkan dengannya. Baik orang tua Young Dae maupun Gi Ha, sepakat membiarkan anak-anaknya tinggal satu atap sebagai upaya pendekatan.

Yong Dae tentu saja merasa tidak cocok dengan Gi Ha. Menurut Young Dae, Gi Ha adalah gadis urakan, berisik, superaktif, dan sangat payah dalam memasak. Sedangkan, Young Dae bagi Gi Ha adalah pria yang sangat tidak ramah, tidak murah senyum, dan terlewat kritis.

Keduanya tidak cocok satu sama lain. Bahkan keduanya saling mencuri waktu diam-diam untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang menurut mereka cocok alias kandidat-kandidat pasangan mereka yang asli. Gi Ha kepada teman semasa SD-nya Kwang Min, sedangkan Young Dae kepada Ji Hye.

Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah hubungan Young Dae dan Gi Ha akan semakin memburuk atau berkembang ke arah tak terduga?

Intinya novel ini patut dibaca karena ceritanya sangat komikal dan romantis. Cocok dibaca bahkan tidak hanya untuk kalangan remaja, namun pembaca dewasa pun patut menikmatinya. Ceritanya khas dan mirip drama korea, namun pengolahannya sungguh berbeda.

Sang penulis Vinnova meramu konflik cerita novel ini tidak hanya terfokus pada interaksi Young Dae dan Gi Ha saja, namun konflik keluarga dan kerumitan perasaan masing-masing karakter utamanya turut digali.

Sebut saja konflik keluarga yang coba disajikan Vinnova dalam novel ini, benar-benar memberikan warna yang cerah. Konflik tersebut tentang asal-usul Gi Ha. Ternyata misteri identitas Gi Ha yang sebenarnya sangat patut untuk dinikmati pembaca.

Gi Ha sebenarnya adalah anak angkat, akhir-akhir ini Gi Ha bertekad menemukan asal-usul identitas aslinya. Young Dae entah kenapa turut bersimpati pada hal ini, dia dengan hati lapang turut membantu Gi Ha, padahal pada awalnya hubungan mereka tidak akur. Subkonflik tentang keluarga Gi Ha turut membuat konflik utama novel ini semakin menjanjikan untuk diikuti.

Hal selanjutnya yang membuat novel karangan Vinnova ini menarik adalah tentang kerumitan perasaan masing-masing karakter utamanya.

Dimulai dari Young Dae yang porsinya lebih banyak digali di sini. Young Dae adalah karakter yang sebenarnya plin plan. Ada bagian tertentu yang menceritakan Young Dae berikrar untuk tak menyukai Gi Ha, namun hal-hal yang terjadi di antara keduanya membuat Young Dae harus berpikir ulang. Juga, banyak hal konyol yang dilakukan Young Dae hanya sebagai pelampiasan perasaannya yang tak terbalas Gi Ha, sebut saja dengan minum-minuman keras.

Sedangkan Gi Ha kedalaman perasaannya tak terlalu digali, meskipun begitu Gi Ha pun tingkah lakunya sebelas dua belas dengan Young Dae. Kelebihannya adalah dengan karakternya yang sedikit polos namun urakan, tindak-tanduk Gi Ha membuat performa novel ini semakin cemerlang.


Meskipun novel ini adalah karangan pertama penulisnya, novel ini bisa dibilang menjanjikan. Kontennya sangat patut untuk diapresiasi terutama bagi pembaca yang menyukai cerita-cerita romansa berlatar negeri ginseng. Kisah antara Young Dae dan Gi Ha akan membuat pembaca memaknai ulang makna ‘benci jadi cinta’. Seperi yang terjadi pada kedua tokoh utama dalam novel ini, terkadang hal-hal kecil mampu menumbuhkan benih-benih asmara yang tak terduga, bahkan memunculkan simpati-simpati yang patut diberikan balas budi. Novel Vinnova ini sangat direkomendasikan untuk dibaca![]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D3 Bahasa Inggris Polban

[Review] Rahasia Tergelap by Lexie Xu

Review Novel ‘I am Yours’ Karya Kezia Evi Wiadji

Sinopsis Awalnya Amelia dijadikan sasaran empuk Alex. Playboy itu menginginkan Amelia menjadi pacarnya karena gadis itu mungil dan tampak energik. Sahabat Alex, David selalu setuju dan memaklumi temannya yang buaya darat itu, ia percaya bahwa kali ini Alex tidak akan bertingkah lagi. Karena sebenarnya David pun mencintai Amelia, melebihi Alex, melebihi perkiraan Amelia yang sebenarnya. Dalam usahanya menjadikan Amelia pasangannya, Alex selalu mengajak David, dan Amelia selalu mengajak sahabatnya Sandra yang diam-diam sepertinya mencintai David. Detik berlalu, menit berganti, dan tentu saja ada yang berubah, ada yang mengalami proses dengan cepat. Alex kini resmi menjadi pacar Amelia.             Namun, dalam prosesnya lama-kelamaan Amelia tidak senang dengan kehadiran Alex lagi. Saat ia tahu ada seseorang yang mengandung benih Alex, ia juga dihadapkan pada perasaan hangat David yang datang dengan sangat tepat—saat cintanya berubah jadi benci pada Alex. Sanggupkah Amelia memilih di antara…