Langsung ke konten utama

Hujan Punya Cerita Tentang Kita



 



Jatuh cinta kepadamu begitu menyenangkan,
seperti meringkuk dalam selimut hangat pada malam yang hujan.
Seperti menemukan keping terakhir puzzle yang sedang kau susun.
Cinta ini sudah berada tepat di tempat yang seharusnya, di ruang hatimu dan hatiku.

Namun, mengapa resah justru yang merajai kita?
Padahal, katanya cinta sanggup menjaga.
Aku ingin kau tahu, diam-diam, aku selalu menitipkan harapan yang sama ke dalam beribu-ribu rintik hujan:
aku ingin hari depanku selalu bersamamu.

Aku mencintaimu. Selalu.
Dan, mereka tak perlu tahu....



Judul : Hujan Punya Cerita tentang Kita
Penulis : Yoana Dianika
Penerbit : Bukune
Editor : Widyawati Oktavia
Proof Reader : Syafial Rustama
Desainer Sampul : Danish
Penata Letak : Diandra Karan
Tebal : vi + 278 halaman
ISBN : 602-220-041-5


Kinanthi Olivia atau Kie adalah mahasiswa Unair jurusan Akuntansi, introvert, plus takut pada petir (astrophobia) otomatis dia pun khawatir tiap hujan datang. Ia harus mengikuti KKN di Bojonegoro tepatnya di desa Dander bersama kelompok lima dan ia akhirnya bergabung di divisi Pendidikan bersama rekan sefakultasnya Krisan yang seorang model yang hidupnya sempurna dan tentu saja bukan manusia canggung dan kaku seperti Kie, lalu ada Rangga si mahasiswa jurusan Sejarah yang hobi fotografi dan tidak pernah luput untuk meng-captured foto-foto candid, lalu juga ada Azar dari jurusan Farmasi yang sebenarnya dia adalah anak teman mamahnya Kie, lalu Yuli yang porsinya sedikit di buku ini.


Fokus buku ini adalah jalinan cinta antara Kie dan Rangga, mereka saling melengkapi, Kie yang selalu merasa khawatir bertemu dan berinteraksi dengan orang baru sangat cocok dengan Rangga yang mudah bergaul dan diam-diam menaruh perasaan pada Kie, Rangga terjebak cinta pada pandangan pertama, itu dibuktikan dengan sekumpulan foto Kie hasil jepretan alami Rangga yang dilihat Krisan pada kamera Rangga saat ia suntuk menunggu di pendopo kabupaten sebelum diberangkatkan di lokasi KKN. Jalinan cinta pun ada pada Krisan yang notabene sahabat Rangga sejak kecil, namun cintanya tak kunjung dibalas Rangga. Juga pada Azar yang terkena cinta pandangan pertama pada Kie, namun ia tak bisa seekspresif Rangga, ia rela melihat Kie bahagia tanpa memilikinya, ia tertarik pada Kie sejak diduetkan untuk mengajar di SD desa setempat, Azar menemukan sosok Kie yang ternyata bisa menjadi sosok istimewa jika di hadapan anak-anak. Lalu pada siapakah hati Kie akan berlabuh ketika ada dua sosok sekaligus yang mencintainya? Dan apakah Rangga akan memilih masa lalunya atau Kie? Dan apakah usaha minimal Azar akan berakhir manis dan legit?


Seperti kisah di novel-novel romance lain, cerita dalam buku ini berputar pasti dengan tujuan utama membuat karakter-karakternya menemukan cinta mereka sendiri lalu dihambat dan bertabrakan dengan kepentingan tokoh lain, bahkan oleh hal-hal yang tidak terduga. Yang membuat buku ini menarik adalah karena tema cinlok KKN yang umum namun jarang diangkat oleh novel-novel lokal, lalu penuturan khas penulisnya yang unggul dalam deskripsi, dan tentu saja taburan kata-kata manisnya, membuat tiap sudut cerita yang terkesan sensitif semakin menjadi seru ketika dibaca. Dan jangan lupakan ending, cerita ini hadir dengan penutupan yang logis meskipun unpredictable.


Buku ini memiliki amanah yang mendalam untuk tak meratapi masa lalu namun harus siap menghadapinya. Meskipun pada saat kita terjatuh hanya sedikit orang yang paham terhadap diri kita, bukan berarti kita harus mengambil jalan pintas paling ajaib yaitu menghalalkan segala cara. Dan yang paling utama adalah kita harus selalu siap pada semua kondisi dalam hidup. Buku dengan cover cute ini wajib dibaca plus diboyong ke rumah karena ceritanya klise-klise nyesek. Utamakan membaca buku ini dibarengi memutar lagu-lagu sedih, dijamin semuanya akan terasa lengkap apalagi jika sengaja membacanya pas turun hujan!


Quote favorit:
“Ada yang percaya bahwa di dalam hujan terdapat lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu sesuatu. Senandung rindu yang bisa meresonansi ingatan masa lalu”
—  Rangga (Hujan Punya Cerita Tentang Kita).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)